sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Memilih Bra Menyusui yang Bagus dan Nyaman

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 31 Jul 2020 11:40 WIB
menyusui caption
Jakarta -

Payudara yang membesar selama menyusui kerap membuat Bunda jadi tak nyaman. Nah, karenanya penting banget memilih bra menyusui yang bagus dan nyaman agar tidak mengganggu proses mengASIhi si kecil.

Sejak hamil, tubuh memang mengalami perubahan besar. Terutama bagian payudara yang ikut membesar karena memproduksi ASI. Selepas persalinan, payudara pun tetap besar hingga nanti tugas menyusui selesai.

Pada kondisi ini, payudara terasa penuh, bengkak, dan sedikit nyeri. Sehingga, menemukanĀ bra menyusui yang bagus dan nyaman menjadi sebuah kebutuhan.


Dikutip dari Independent, Victoria Shelton, seorang spesialis garmen, mengatakan bahwa wanita dapat membeli bra menyusui sebelum melahirkan. Mereka dapat langsung memakainya dengan memilih kain yang ringan dan dapat membuat kulit bernapas.

"Saat mencoba bra menyusui, cobalah menggunakan satu tangan untuk memasang klip. Hal ini guna memastikan itu cukup mudah untuk dibuka," ujarnya.

Setelah itu, Shelton juga menyarankan agar Bunda memilih cup bra menyusui dengan jahitan yang halus. Serta dilapisi dengan kain halus untuk membatasi gesekan pada puting.

Tidak seperti bra bersalin, saat membeli bra menyusui, pastikan Bunda memasangnya pada kait yang paling longgar. Ini untuk memungkinkan agar bra dapat menyesuaikan ketika tulang rusuk mulai berkontraksi.

Drawers filled with sexy lace lingerie. Textile, Underwear.Tips memilih bra menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dannikonov

Sebab, ukuran payudara akan berubah sepanjang hari ketika kita menyusui. Bra dengan regangan terbaik menjaga Bunda tetap nyaman saat bolak-balik menyusui si kecil.

Melansir dariĀ Health, Leigh Anne O'Connor, seorang konsultan laktasi bersertifikat dewan internasional (IBCLC) merekomendasikan untuk menemukan bra menyusui yang mudah dicuci. Apalagi, ASI seringkali bocor sehingga bra akan basah dan mungkin saja terkena muntahan dari bayi saat menyusu.

O'Connor juga mendesak para orangtua baru untuk mencari bra yang mempermudah akses ke payudara. Opsi yang ideal yakni kait dapat dilepas dengan satu tangan. Jadi, Bunda tak perlu khawatir tentang melepas kaitnya yang rumit saat Bunda menggendong bayi.

Itulah beberapa tips memilih bra menyusui yang bagus dan nyaman. Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk perawatan untuk ibu menyusui setelah melahirkan, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi