sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Rewel dan Enggak Mau Nyusu? Waspadai Bahaya Oral Thrush

Annisa Karnesyia Sabtu, 23 May 2020 18:07 WIB
Crying little baby in the arms of her mother in a living room. caption
Jakarta -

Masalah pada menyusui bisa terjadi pada ibu atau bayinya. Salah satu yang mungkin terjadi adalah oral thrush pada bayi yang menyusu, Bun.

Oral thrush merupakan infeksi yang disebabkan jamur dan terjadi di mulut bayi. Infeksi yang dikenal dengan candidiasis oral ini umumnya terjadi pada bayi berusia kurang dari dua bulan, meski bisa saja terjadi di usia berapa pun.

"Oral thrush pada bayi terlihat seperti gumpalan tebal dan putih di lidah dan gusi. Kondisi ini kadang sulit dibedakan dengan sisa susu yang biasa menempel di mulut bayi," kata bidan Kerry Harris, dikutip dari Today's Parent, Sabtu (23/5/2020).


Bayi mungkin akan rewel saat makan. Tak hanya dirasakan bayi, Menurut bidan Kerry Harris, oral thrush juga dapat mengiritasi puting ibu menyusui.

Jamur yang disebut candida tumbuh secara alami di dalam tubuh, termasuk mulut. Beberapa bayi mengalami pertumbuhan berlebih karena sistem kekebalan belum matang.

Dilansir Medical News Today, seorang dokter akan memeriksa bayi dan mencari tanda-tanda umum oral thrush untuk mendiagnosis. Terkadang dokter mengambil sampel jaringan atau tes swab untuk melihat di bawah mikroskop.

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

Pengobatan Oral Thrush

Jika dokter mendiagnosis oral thrush karena candida, maka akan diresepkan perawatan yang sesuai. Oral thrush pada bayi sering menghilang dalam waktu 2 minggu.

Orang tua disarankan untuk memantau infeksi tanpa menggunakan obat. Ada juga obat tetes atau gel yang diresepkan dokter untuk dioleskan ke mulut, Bunda.

Kalau bayi sedang menyusui, puting ibu mungkin butuh pengobatan serupa untuk mencegah infeksi bolak-balik. Tergantung pada usia bayi, dokter mungkin menyarankan untuk menambahkan lactobacilli dalam bentuk yogurt di dalam makanan.

Obat alami seperti ekstrak biji anggur, minyak kelapa, minyak teh, dan soda kue dikatakan bisa mengatasi oral thrush pada bayi. Namun harus hati-hati jika dijual dalam bentuk suplemen karena dapat mengandung bahan kimia. Paling penting adalah berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakannya.

Semoga membantu, Bunda.

Simak juga daftar perlengkapan wajib ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi