sign up SIGN UP search


menyusui

Kandungan ASI Bantu Bayi Baru Lahir Bedakan Siang & Malam

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 16 May 2020 14:50 WIB
Breastfeeding, beautiful young mom and little baby at home. Motherhood. caption
Jakarta -

ASI memiliki segudang manfaat untuk bayi. Tak hanya sebagai sumber makanan utama, tapi ASI juga bisa membantu bayi baru lahir membedakan siang dan malam nih, Bunda.

Komposisi ASI berubah sepanjang hari, dan waktu menyusui juga akan memberi manfaat yang berbeda pada bayi. Menyusui bayi di pagi hari akan memberikan energi pada si kecil. Sedangkan pada malam hari cenderung lebih menenangkan mereka.

Para peneliti meyakini bahwa chrononutrition ini dapat membantu program biologi sirkaindian bayi yang muncul. Serta, berfungsi sebagai pencatat waktu internal yang memungkinkan bayi membedakan siang dan malam.


Namun, apa yang terjadi ketika bayi menyusui tidak langsung dari payudara ibunya? Bayi yang minum ASI perah pada waktu yang berbeda setiap hari dan disimpan sebelum menyusui, disebut para ilmuwan akan menimbulkan implikasi yang berpotensi luas.

"Adalah kesalahan bagi ibu untuk mengeluarkan ASI pada waktu tertentu dan kemudian menyimpannya dan memberikan ASI mereka pada bayi di waktu yang berbeda," ujar Cristina Sanchez dari University of Extremadura di Badajoz, Spanyol dilansir Newsscientist.

Tingkat tidur, makan, dan energi semuanya menunjukkan ritme sirkandian, yang berarti mereka mengikuti siklus harian. Di mana misalnya Bunda menyusui mereka pukul 3 pagi, namun bayi tahu bahwa itu bukan ritme makannya.

Sedangkan kemampuan mereka membedakan siang dan malam akan berkembang selama minggu-mingu pertama, dan bulan awal kehidupannya. Berkat isyarat sinar matahari dan kegelapan.

Melansir Sciencealert, bayi yang menunjukkan keterlambatan perkembangan biologi sirkandian dapat meningkatkan risiko kolik, dan menyebabkan masalah pertumbuhan dan pemberian makan. Sayangnya, hingga sejauh ini ilmuwan baru tahu sedikit mengenai alasan biologi sirkandian yang mengatur jadwal berbeda-beda pada setiap bayi.

Young beautiful woman is breastfeeding a little baby in a cozy room. On the table there is a white Cup and a green plant. On the wall hang a white empty picture frames. No images of nudityASI bantu bayi bedakan siang dan malam/ Foto: iStock

ASI dapat mengatur program ritme sirkandian bayi, sekaligus membantu menjelaskan mengapa beberapa orang tua dari bayi yang baru lahir menikmati tidur malam yang panjang. Sedangkan yang lain berjuang untuk menidurkan bayi sepanjang malam. Bunda pernah mengalami yang mana?

ASI berubah secara dramatis sepanjang hari. Misalnya kadar kortisol, hormon yang meningkatkan kewaspadaan tiga kali lebih tinggi pada ASI pagi hari dibanding malam hari.

Melantonin, yang memengaruhi kantuk dan pencernaan hampir tidak bisa dideteksi dalam ASI yang diberikan siang hari. Tetapi, meningkat pada malam hari dan memuncak sekitar tengah malam.

ASI malam hari mengandung kadar blok pembangun DNA tertentu yang membantu meningkatkan tidur sehat. ASI siang sebaliknya nih, Bun, karena lebih banyak asam amino penambah aktivitas daripada ASI malam.

Zat besi dalam ASI juga memuncak pada siang hari. Sedangkan puncak vitamin E dalam ASI berada pada malam hari. Mineral seperti magnesium, seng, kalium, dan natrium semuanya tertinggi di pagi hari.

Bunda, simak juga yuk cara menyendawakan bayi usai menyusui seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi