sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Boleh Campur ASIP Segar & ASIP yang Disimpan, Asalkan...

Asri Ediyati Sabtu, 06 Jun 2020 14:46 WIB
Breast milk frozen in storage bag and baby lying on background caption
Jakarta -

Jika memompa ASI pada waktu yang berbeda, mungkin Bunda bertanya-tanya apakah bisa menggabungkan ASIP segar dengan yang sudah disimpan. Rupanya, jika Bunda mengikuti petunjuk yang tepat, maka mencampur ASI bisa dilakukan.

Bagaimana caranya? Berikut cara mengetahui apakah Bunda bisa mencampur ASI atau tidak:

Donna Murray, RN, BSN, anggota Nursing Honor Society, mengatakan bahwa Bunda bisa menggabungkan ASIP segar dengan yang sudah disimpan asal dalam kondisi yang bersih. Ini mencakup kebersihan tangan, pompa, dan wadah ASIP.


Kedua, pastikan juga bayi dengan usia yang cukup (bukan bayi baru lahir) dan sehat. Ketiga, harus dilakukan di rumah. Bunda boleh mencampurnya asal kedua ASIP tadi diperah di rumah.

"Pemerahan di hari yang sama. Anda mengumpulkan semua ASI yang Anda gabungkan pada hari yang sama," tulisnya, dikutip dari Very Well Family.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova

Nah, bagaimana dengan kondisi yang tidak memperbolehkan Bunda mencampur ASI? Murray mengatakan, Bunda tidak boleh mencampur ASIP segar dengan yang sudah disimpan jika diperah di hari yang berbeda.

"Tidak aman untuk menambahkan ASI yang Anda pompa hari ini ke dalam wadah ASI yang Anda pompa kemarin atau minggu lalu," ujarnya.

Lalu, ada kemungkinan kontaminasi. Bunda mungkin memompa di lingkungan yang kurang bersih, atau Bunda tidak bisa mencuci tangan sebelum memompa ASI.

"Jika Anda yakin ASI Anda dapat terkontaminasi, lebih baik memompa dan membuang sesi itu daripada membahayakan anak Anda," kata Murray.

Kemudian, Bunda tidak boleh mencampur ASIP bila si kecil terlahir prematur. Bayi prematur memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi