sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Baru, Simak Tips agar Proses Menyusui Terasa Lebih Menyenangkan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 10 Jun 2020 08:04 WIB
menyusui caption
Jakarta -

Tahapan menyusui bagi sebagian Bunda bukan fase yang mudah dilalui. Masing-masing dari Bunda tentu memiliki pengalaman dan tantangan tersendiri dalam menyusui buah hatinya.

Terlepas dari apa pun tantangan yang Bunda hadapi, semangat untuk terus menyusui memang paling besar datang dari energi yang positif. Bunda dalam hal ini harus membangun energi positif setiap harinya sehingga momen menyusui dengan segala permasalahannya mudah dilewati. Terlepas dari apakah itu permasalahan ASI yang minim, pelekatan yang kurang tepat, bengkak pada payudara, dan masalah lainnya.

"Sebagian besar Bunda sedianya mampu memproduksi ASI yang cukup untuk bayi mereka, tak peduli seberapa besar ukuran payudaranya," ujar Deeedee Franke, R.N, seorang konsultan laktasi di Baltimore, dikutip dari Parents.


Mengenai puting yang kerap nyeri dan dan menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat menyusui, merupakan permasalahan umum pada minggu-minggu awal menyusui. Sehingga, Bunda dapat mencari solusi dengan memilih posisi menyusui yang tepat agar pelekatan dapat dilakukan dengan baik.

Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care.Tips menyusui terasa lebih menyenangkan/ Foto: iStock

Melansir Flo, ketika keengganan menyusui kembali hadir, cobalah Bunda untuk mengidentifikasi penyebabnya dan membuat perubahan terkait hal itu. Sehingga nantinya, proses menyusui menjadi bagian yang menyenangkan.

Bunda juga dapat meminta bantuan dokter atau konsultan laktasi dalam mencari solusi atas permasalahan menyusui yang sedang hadapi. Bicarakan juga perasaan Bunda dengan seseorang yang Bunda percayai. Selain itu, carilah komunitas yang dapat mendukung kebutuhan Bunda untuk menemukan wanita lainnya yang akan memahami apa yang sedang Bunda alami.

Jika Bunda memutuskan untuk berhenti menyusui, ingatlah bahwa hal yang paling penting ialah agar bayi Bunda cukup makan dan terhidrasi. Apakah Bunda memutuskan untuk memompa atau memberikan susu formula, bicarakan dengan dokter Bunda dan membuat rencana nutrisi terbaik untuk buah hati.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, sudah tahu kalau dulu marissa Nasution sempat kesulitan menyusui anaknya meski ASI berlimpah. Simak ceritanya di sini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi