sign up SIGN UP search


menyusui

Setelah Menyapih Si Kecil, Kok Berat Badan Malah Naik?

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 09 Jun 2020 14:28 WIB
menyusui caption
Jakarta -

Selama menyusui, berat badan Bunda masih dalam tahapan normal meski nafsu makan melambung. Dalam kondisi ini, tentunya Bunda masih merasa aman karena kalori akan ikut terbakar saat menyusui buah hati.

Nah, kebiasaan ini memang sering terbawa begitu fase menyusui selesai. Usai menyapih, kebiasaan makan biasanya masih dalam porsi besar. Alhasil, bobot tubuh merangkak naik karena tak ada kalori yang terbakar seperti biasanya.

"Sangat umum bahwa wanita akan berhenti menyusui dan berat badan mereka naik," ujar G. Thomas Ruiz, M.D, seorang dokter di Memorial Care Orange Coast Medical Center di California, dikutip dari Self.


Tubuh ibu menyusui, biasanya akan membakar sekira 500 kalori ekstra sehari ketika mereka menyusui. Tetapi, begitu berhenti menyusui, kebutuhan kalori Bunda dengan cepat beralih kembali ke garis dasar karena tak lagi membakar kalori ekstra per harinya.

Love and motherhoodBerat badan naik usai menyapih/ Foto: iStock

Sementara itu, kebiasaan makan saat menyusui dalam porsi lebih besar atau makan lebih sering mungkin akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan fase normal usai menyapih si kecil.

Melansir dari Thelactationnutritionist, dalam hal ini tubuh butuh penyesuaian porsi makan secara bertahap untuk mencegah kegemukan. Mungkin hasilnya memang tidak akan instan, tetapi Bunda akan terbiasa dengan fase peralihan usai tak lagi menyusui.

Mulailah mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Sehingga, asupan yang masuk dan aktivitas yang Bunda lakukan pun dapat seimbang. Serta, kalori yang terbakar juga menyesuaikan dengan aktivitas Bunda saat ini.

Nah, semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk cerita Eriska Rein soal menyusui anaknya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi