sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Tongue Tie Pasti Bikin Bayi Jadi Sulit Menyusu? Cek Faktanya Bunda

Kinan Rabu, 10 Jun 2020 10:44 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption
Jakarta -

Saat fase menyusui, ada beberapa kondisi yang secara tidak langsung dapat membuat proses tersebut jadi tidak lancar. Salah satunya jika bayi mengalami tongue tie.

Dikutip dari Today's Parent, tongue tie terjadi pada lidah, tepatnya ketika frenulum (jaringan tipis yang menghubungkan bagian bawah lidah ke dasar mulut) terbatas kemampuannya untuk menggerakkan lidah ke depan atau ke atas.

Menurut konsultan laktasi Catherine Watson Genna, masalah ini cukup umum dialami oleh bayi baru lahir. "Sekitar seperempat hingga setengah dari bayi yang memiliki masalah menyusui akan memiliki semacam pembatasan lidah yakni tongue tie," ujar Genna.


Jika bayi mengalaminya, ia akan tampak lebih sulit untuk menyusu dengan pelekatan yang sempurna. Bahkan tak jarang kondisi ini juga membuat puting Bunda jadi nyeri saat menyusui dan bayi tidak akan mendapat cukup ASI.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui. (Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova)

Apabila Bunda curiga si Kecil mengalami tongue tie, segera periksakan ke konselor laktasi atau dokter anak, ya. Nantinya berdasarkan pemeriksaan, dokter bisa melakukan tindakan berupa insisi atau memotong frenulum dengan gunting steril (terkadang menggunakan anestesi topikal).

"Jaringannya tidak memiliki banyak saraf di dalamnya, jadi seharusnya tidak banyak berdarah. Setelah tindakan, ibu akan diminta untuk langsung menyusui bayinya. Proses penyembuhannya juga relatif cepat," imbuh Genna.

Perlu diketahui bahwa tidak semua kasusĀ tongue tie pasti akan menyebabkan masalah menyusui. Oleh sebab itu, pemeriksaan ke dokter pun jadi penting.

"Jika ibuĀ menyusui mengalami nyeri selama proses atau bayi tampak tidak mendapatkan ASI yang cukup, bisa jadi ada masalah dan sebaiknya segera periksakan ke ahlinya," pesan Genna.

Bunda bisa simak juga ragam bentuk lidah pada bayi yang mengalami tongue tie dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi