sign up SIGN UP search


menyusui

Trik Menyusui Bayi dengan Tongue Tie untuk Kurangi Rasa Nyeri pada Payudara

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 15 Jun 2022 13:50 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption

Salah satu hambatan yang mungkin saja ditemui oleh ibu menyusui yakni kondisi tongue tie pada Si Kecil. Ini memang menjadi tantangan tersendiri ya pasalnya tongue tie sedianya memang dapat mempersulit bayi untuk menyusu.

Saat itulah potongan jaringan yang disebut frenulum (menempelkan lidah ke dasar mulut) lebih pendek dari biasanya. Tongue tie sendiri dapat mencegah bayi menempel dengan benar yang kemudian dapat menyebabkan puting lecet atau pecah-pecah.

Kasus tongue tie dapat berkisar dari ringan hingga parah. Jika parah, lidah mungkin benar-benar menyatu dengan dasar mulut. Bunda mungkin dapat melihat apakah bayi baru lahir atau bayi mengalami tongue tie dengan melihat ke dalam mulutnya saat mereka menguap atau menangis meskipun tidak selalu mudah untuk dikenali, seperti dikutip dari laman Nhs.


Biasanya, tanda-tanda tongue tie pada bayi termasuk di antaranya lidah bayi tidak terangkat atau bergerak dari sisi ke sisi, lidah mereka mungkin terlihat berbentuk hati ketika mereka menjulurkannya, bayi kesulitan menyusui atau menyedot dari susu botol, sering kali durasi makan jadi lebih lama tetapi mereka tampak gelisah dan tidak puas, bunyi klik saat menyusu, dan lainnya.

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta

Bagi ibu menyusui sendiri, tongue tie memberikan pengaruh tersendiri ya, Bunda. Salah satunya yakni pasokan ASI Bunda mungkin jadi berkurang karena bayi tidak dapat menyusu dengan baik.

Bunda juga mungkin memiliki puting yang sakit atau pecah-pecah yang dapat membuat menyusui jadi menyakitkan. Kemudian, pelekatan yang buruk juga dapat mempengaruhi pemberian makan yang tidak efektif yang membuat payudara membesar yang kemudian dapat menyebabkan mastitis.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang senam lidah untuk atasi bayi dengan tongue tie.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENYUSUI BAYI DENGAN TONGUE TIE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!