sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Perlu Tahu, 9 Makanan Pelancar ASI

Melly Febrida Jumat, 12 Mar 2021 12:25 WIB
happy family photo of mother and daughter breastfeeding her baby caption

Bunda menyusui pastinya ingin produksi ASI (Air Susu Ibu) lancar. Dengan ASI yang lancar, Si Kecil tidak akan kelaparan.

Bunda tentu sudah tahu agar produksi ASI lancar, maka tubuh perlu diberi makan. Tapi, makanan apa saja yang memperlancar ASI?

"Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa makanan apa pun dapat meningkatkan suplai ASI. Namun, jika Bunda ingin mencobanya dan melihat hasilnya, tentu tidak ada salahnya," ucap Ginger Carney, IBCLC, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Parents.


Tidak bisa dimungkiri setiap nutrisi pada makanan yang dikonsumsi Bunda dapat mempengaruhi produksi ASI. Jadi, apabila makanan yang disantap mengandung gizi seimbang dan teratur, diharapkan kelenjar pembuat ASI dapat bekerja optimal.

Banner Aprilia ManganangFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari



Dikutip Very Well Family, Meredith Shur, MD, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, mengatakan bahwa banyak makanan yang bisa membantu memperlancar ASI. Di seluruh dunia, wanita dalam budaya yang berbeda mengonsumsi makanan pelancar ASI segera setelah melahirkan dan saat menyusui.

"Beberapa dari makanan ini penuh dengan vitamin dan mineral, dan yang lainnya mengandung sifat kimiawi yang dapat membantu produksi ASI.  Apapun alasannya, makanan super menyusui ini dipercaya dapat meningkatkan dan mendukung suplai ASI yang sehat," kata Shur.

Berikut beberapa makanan yang bagus untuk memperlancar pasokan ASI:

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh sangat bergizi untuk Bunda menyusui. Jenis makanan ini juga dianggap memiliki sifat mendukung hormon yang bertanggung jawab membuat ASI. Jadi, makan biji-bijian dapat meningkatkan suplai ASI Bunda. 

Biji-bijian yang paling umum digunakan untuk memperbanyak produksi ASI adalah oatmeal yang dimasak dengan slow cooker. Selain itu, Bunda juga bisa mencoba beras merah gandum, biskuit oatmeal, atau makanan lain yang terbuat dari biji-bijian.

2. Sayuran warna hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua seperti alfalfa, selada, kangkung, bayam, dan brokoli kaya akan nutrisi, terutama kalsium. Sayuran ini juga mengandung fitoestrogen yang mungkin memiliki efek positif pada produksi ASI.

3. Adas (fennel)

Adas adalah tanaman dari Mediterania. Biji adas menambah rasa pada berbagai jenis makan. Meski demikian adas juga merupakan sayuran yang bisa dimasak atau dimakan mentah. Umbi, batang, dan daun tanaman adas dapat dimakan. Estrogen tanaman yang ditemukan dalam adas dapat membantu Bunda menyusui menghasilkan lebih banyak ASI.

4. Bawang putih

Bunda pasti sudah tahu bahwa bawang putih kaya akan gizi. Selain itu bawang putih juga diyakini sebagai galactagogue, membantu Bunda menyusui menghasilkan lebih banyak ASI. Meski bawang putih memiliki bau menyengat, tampaknya sebagian bayi menyukai rasanya.  

Penelitian menunjukkan bahwa susu rasa bawang putih dapat membantu bayi yang disusui menyusu lebih lama. Di sisi lain, beberapa anak mungkin tidak dapat mentolerir bawang putih dengan baik.  

Jika anak Bunda menunjukkan tanda-tanda sensitivitas makanan setelah Bunda makan bawang putih maka Bunda perlu mencoba menghindari bawang putih untuk sementara waktu.

Untuk makanan pelancar ASI lainnya bisa Bunda klik di halaman berikutnya.

Simak juga resep smoothies untuk pelancar ASI dalam video berikut ya, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]

BUNCIS HINGGA BIJI WIJEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi