sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi yang Hanya Menyusu pada Satu Payudara

Annisa Karnesyia Selasa, 16 Jun 2020 17:59 WIB
Young mother breastfeeding at home, bonding with baby child toddler caption
Jakarta -

Salah satu masalah menyusui yang sering terjadi adalah bayi berubah menjadi pemilih. Beberapa bayi yang baru lahir mungkin hanya ingin menyusui pada satu payudara.

Penulis buku The Power of Loving Discipline, Karen Miles mengatakan bahwa ini wajar dialami bayi baru lahir. Si kecil akan memiliki periode di mana lebih suka menyusu di satu payudara.

"Ibu mungkin memperhatikan bayinya, menarik diri, atau menolak menyusu dari salah satu payudara," kata Miles, dilansir Baby Center, Selasa (16/6/2020).


Namun, penolakan bisa saja terjadi karena suatu hal, Bunda. Salah satunya, pelekatan menyusu sulit atau perbedaan bentuk puting payudara ibu.

Pada bayi yang usianya lebih tua, penolakan lebih sering karena persediaan ASI yang berbeda dari setiap payudara. Bisa saja salah satunya lebih rendah atau alirannya lebih lambat daripada payudara lainnya.

"Preferensi bayi dalam menyusu dapat memperburuk persediaan ASI. Pada akhirnya, pasokan ASI menjadi rendah di satu payudara," ujar Miles.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova

Terkadang bayi juga lebih nyaman dipeluk di satu sisi daripada yang lain. Kalau si kecil tiba-tiba lebih memilih satu sisi, itu mungkin karena ada sesuatu yang menyakitinya atau karena terkena infeksi telinga.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Berikut telah HaiBunda rangkum 5 cara mengatasinya seperti melansir dari laman Breastfeeding Problems:

1. Tawarkan payudara yang ditolak anak terlebih dulu saat menyusui.

2. Cobalah menyusui dua kali lebih banyak dari payudara yang ditolak.

3. Tawarkan payudara yang ditolak ketika bayi setengah tertidur, sehingga dia tertipu untuk menyusui di sisi lain.

4. Jika semuanya gagal, pompa payudara yang ditolak untuk membuat ASI tetap mengalir. Begitu bayi menyusu dengan payudara itu, pasokan ASI akan meningkat secara alami.

5. Jangan pernah memaksa bayi untuk menyusu dari payudara yang tidak diinginkan. Ini dapat menyebabkan mereka mogok menyusu.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi