sign up SIGN UP search


menyusui

Benarkah Puting Harus Selalu Dicuci Sebelum Menyusui?

Annisa Karnesyia Rabu, 17 Jun 2020 17:26 WIB
Confident female pediatrician examines a newborn baby. The baby's mother is holding her. The doctor is touching the baby's head. Baby bottles and a doctor's bag are on a table. caption
Jakarta -

Saat menyusui tentu kebersihan payudara harus dijaga ya, Bunda. Tujuannya untuk mengurangi risiko infeksi bakteri pada ibu dan bayinya.

Dilansir Medela, ibu disarankan mencuci payudara hanya dengan air saat mandi. Sebaiknya tidak menggunakan sabun karena bisa menghilangkan minyak alami yang berfungsi melembapkan dan melindungi puting.

Bunda juga diharapkan untuk mengeringkan puting dan usap lembut menggunakan handuk. Jangan sampai menggosok terlalu keras agar tak iritasi.


Mencuci puting atau membersihkan payudara sebelum dan setelah menyusui justru tidak disarankan. Sebab, ada bakteri di permukaan payudara yang malah dapat membantu mengembangkan mikrobioma usus bayi.

Menurut spesialis laktasi Jeanne Cygnus, IBCLC, RLC, mencuci puting sebelum menyusui hanya bikin puting kering dan iritasi. Kandungan ASI yang dihasilkan ibu sebenarnya sudah cukup melindungi puting, Bunda.

"ASI sebenarnya mengandung banyak faktor yang menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, serta membantu memberikan perlindungan alami pada puting dan bayi. Jadi, tidak apa-apa untuk membiarkannya tanpa mencuci," kata Cygnus, dikutip dari The Bump, Rabu (17/6/2020).

Ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Bunda dapat menggunakan ASI sebagai pelembap puting usai menyusui. Oleskan beberapa tetes ASI pada puting atau areola dan biarkan mengering. Cara ini juga bisa diterapkan untuk menyembuhkan puting lecet akibat menyusui.

Alasan lain ibu menyusui tidak boleh mencuci puting adalah demi kepentingan sang buah hati. Bayi juga perlu mengenali puting ibunya dari indra penciuman. Ketika bayi lahir, mereka akrab dengan wangi tubuh dan suara ibunya.

Puting menghasilkan zat yang dikenali indra penciuman bayi. Selain itu, ada bakteri baik yang membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi payudara ibu.

Paling penting saat merawat payudara adalah mencuci tangan sebelum menyentuhnya. Selain itu, pastikan untuk mengganti bantalan menyusui (breast pad) sesering mungkin ya, Bunda.

Breast pad mudah basah karena digunakan untuk membantu menyerap ASI saat menyusui. Penggunaan breast pad yang kering dan bersih dapat membantu mencegah masalah menyusui, seperti puting lecet atau mastitis.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi