sign up SIGN UP search


menyusui

6 Tips Aman Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

Siti Hafadzoh Minggu, 14 Jun 2020 19:13 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption
Jakarta -

Ketika hamil, berat badan Bunda mungkin bertambah drastis. Sehingga, setelah melahirkan, banyak wanita ingin mengembalikan berat badan seperti semula.

Namun, Bunda tidak bisa diet ketat nih setelah melahirkan. Terutama saat menyusui bayi secara eksklusif.

Nah, dilansir Healthline, berikut ini 6 tips mengurangi berat badan ketika menyusui.


1. Batasi karbohidrat

Membatasi konsumsi karbohidrat bisa membantu Bunda menurunkan berat badan lebih cepat. Tapi, pastikan Bunda makan banyak protein dan buah-buahan, serta sayur.

Usahakan untuk tetap mengasup minimal 1.800 kalori per hari. Tapi, bicarakan dulu dengan dokter ya sebelum memulai diet setelah melahirkan.

"Usahakan ibu menyusui tidak membatasi asupan sehari-hari di bawah 1.500-1.800 kalori demi menurunkan berat badan. Itu bisa menurunkan persediaan ASI karena menurunkan asupan kalori secara tiba-tiba," kata ahli Nutrisi dan Olahraga Alina Petre, dikutip dari Realvegan.

2. Olahraga

Setelah dokter mengatakan aman untuk berolahraga, lakukanlah perlahan-lahan. Fokus pada olahraga setelah melahirkan, seperti yoga dan berjalan kaki.

Bunda bisa mulai berolahraga 20 - 30 menit per hari. Untuk mengurangi pembengkakan, cobalah menyusui bayi sebelum olahraga.

3. Tetap terhidrasi

Ketika menyusui, sangat penting untuk Bunda tetap terhidrasi. Minumlah sebanyak 12 gelas air setiap hari.

Minum air dan asupan cairan bisa membantu tubuh membuang air dalam tubuh. Perlu diingat, kurangi minuman manis ketika Bunda ingin mengurangi berat badan.

4. Jangan lewatkan jam makan

Jangan lewatkan jam makan ketika menyusui, bahkan saat Bunda ingin menurunkan berat badan. Melewatkan jam makan bisa memperlambat metabolisme dan menyebabkan energi menurun.

Coba untuk makan camilan yang ringan sepanjang hari. Misalnya, buah-buahan untuk menambah kalori yang hilang.

5. Makan lebih sering

Jangan salah, makan lebih sering juga bisa membantu menurunkan berat badan Bunda. Semakin sering makan, justru membantu Bunda memperoleh lebih banyak energi sepanjang hari.

6. Istirahat selagi bisa

Ketika memiliki bayi, waktu Bunda untuk istirahat semakin berkurang. Tapi, usahakan untuk istirahat dan tidur sebanyak mungkin.

Istirahat bisa membantu Bunda pulih dan menurunkan berat badan lebih cepat. Tidur juga penting dilakukan setelah berolahraga.

Selamat mencoba tipsnya ya, Bunda. Semoga berhasil mencapai berat badan yang diinginkan.

Simak juga tips membagi porsi makan menggunakan piring biasa di video berikut ini, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi