sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Menyusui Bolehkah Minum Teh Hijau?

Annisa Afani Rabu, 01 Jul 2020 16:10 WIB
khasiat teh hijau Bunda menyusui bolehkan minum teh hijau?/Foto: iStock
Jakarta -

Sama seperti ketika hamil, saat Bunda menyusui pun harus memperhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi karena akan ditransfer ke bayi melalui ASI. Karena itu, ibu menyusui sebaiknya menghindari alkohol, kafein, dan obat-obatan tertentu.

Salah satu minuman yang populer dan disukai banyak orang adalah teh. Beberapa wanita pun menyukai teh hijau karena dianggap sehat lantaran kandungan nutrisi dan antioksidannya.

Namun teh mengandung kafein, meski pun dikatakan bebas kafein. Dalam teh hijau bebas kafein mengandung 2-5 miligram (mg) kafein per 237 mililiter (ml) cangkir. Nah, apakah mengonsumsi teh hijau saat Bunda sedang menyusui aman untuk bayi?


Dikutip dari Healthline, meski mengandung kafein tapi teh hijau tidak memiliki kafein sebanyak kopi. Sebagai perbandingan, sekitar 8 ons teh hijau biasa mengandung sekitar 24-45 mg kafein, dibandingkan dengan 95-200 mg kafein dalam kopi yang diseduh.

Green tea in a flat round split bamboo basket at Meijiawu of Hangzhou.Ilustrasi daun teh/ Foto: iStock

"Secara umum, Anda bisa minum satu hingga tiga cangkir teh hijau sehari dan tidak memiliki efek berbahaya pada bayi Anda yang baru lahir. Disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein sehari jika Anda menyusui," kata Sherry Ross, dokter kandungan dan pakar kesehatan wanita di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California.

Menurut American Academy Pediatrics (AAP), ASI mengandung kurang dari 1 persen kafein yang dikonsumsi ibunya. Jika Bunda tidak minum lebih dari tiga cangkir, itu berarti aman.

Artinya, teh hijau tidak memiliki efek negatif pada bayi jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas, ya Bunda. Faktanya, dikutip dari Parenting Firstcry, teh hijau justru mengandung nutrisi penting, seperti vitamin B, asam folat, mangan, magnesium, dan antioksidan yang bisa membantu menyehatkan bayi dan ibu.

Bunda bisa memilih teh hijau polos yang mengandung kafein dalam jumlah rendah atau beberapa teh hitam dengan jumlah kafein lebih sedikit dari teh hijau. Beberapa teh rendah kafein yang aman dikonsumsi ibu menyusui lainnya, seperti teh putih, teh chamomile, teh jahe, dan teh peppermint.

Ingat ya Bunda, minum teh 1-3 cangkir sehari tidak masalah. Jika berlebih, maka akan menyebabkan bayi menjadi sering buang air besar, diare, sulit tidur, mudah marah dan rewel hingga kolik.

"Jika Anda merasa seolah-olah mengonsumsi sesuatu yang tidak aman untuk bayi, yang terbaik adalah 'pump and dump' (mengeluarkan ASI dan membuangnya). Setelah 24 jam, Anda bisa melanjutkan menyusui dengan aman," ucap Ross. 

Bunda, simak juga ragam manfaat teh untuk ibu hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi