sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Tepat Memilih Breast Pad Sesuai Kebutuhan Bunda

Asri Ediyati Minggu, 05 Jul 2020 13:50 WIB
Mother breastfeeding baby son in bedroom, they enjoy in this moment together caption
Jakarta -

Kehamilan dan persalinan bisa menyebabkan situasi di mana Bunda mungkin mengalami kebocoran air susu ibu (ASI). Hal ini seringkali membuat tidak nyaman dan tentunya bikin malu kalau Bunda sedang di tempat umum.

Breast pad adalah pad pelindung (terbuat dari kain atau bahan komposit) yang diletakkan di antara bra dan puting untuk melindungi pakaian dari kebocoran ASI.

Nah, ada beberapa opsi untuk dipilih yang sesuai dengan kebutuhan khusus Bunda. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, dikutip dari Parenting Firstcry:


1. Pertimbangkan kebutuhan

Untuk yang jadi ibu pertama kali, akan sulit untuk menentukan bagaimana pengalaman terkait kebocoran ASI. Tapi secara umum, kebocoran ASI paling tinggi hanya pada beberapa minggu pertama setelah melahirkan.

2. Jangka panjang

Jika Bunda berkomitmen untuk menyusui bayi lebih dari 6 bulan, Bunda mungkin membutuhkan breast pad yang bisa dipakai lagi alias reusable. Meskipun harganya mahal, penggunaan kembali jadi pilihan yang lebih murah dalam jangka panjang.

3. Kenyamanan

Breast pad sekali pakai mungkin cocok untuk Bunda jika tidak berencana menyusui jangka panjang. Tapi, breast disposable jadi lebih mahal karena jumlahnya menumpuk dibandingkan penggunaan jangka panjang.

Tapi, bagi Bunda yang bekerja, breast pad sekali pakai adalah pilihan tepat. Ya, karena tak perlu repot mencuci, tinggal membuangnya saja.

Love and motherhoodilustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

4. Bikin breast pad sendiri

Kalau memiliki anggaran terbatas, Bunda bisa memilih untuk membuatnya sendiri. Bisa dari saputangan sederhana yang dilipat, atau sepotong kain yang diletakkan di dalam bra juga bisa berfungsi sebagai breast pad.

Bisa juga memotong pembalut atau popok bayi untuk 'disulap' jadi breast pad. Penting untuk diperhatikan, kalau pembalut atau popok mengandung gel lebih baik tidak dipakai karena bisa bocor.

5. Bahan yang digunakan

Breast pad yang bagus harus terbuat dari kain yang bisa membuat payudara 'bernapas'. Ya, karena kalau breast pad memerangkap kelembapan, maka akan meningkatkan risiko infeksi bakteri. Jangan menggunakan breast pad dengan bahan seperti itu selama lebih dari 2 jam.

Nah, Bunda tertarik pilih yang mana nih?

imak juga tips memperbanyak ASI saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi