sign up SIGN UP search


menyusui

Kandungan ASI Penting yang Dibutuhkan Bayi, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 11 Jul 2020 10:17 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption
Jakarta -

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi sejak ia dilahirkan. Ada banyak kandungan nutrisi dan elemen essensial yang baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi di setiap fase pertumbuhannya.

Ya, sebagai makanan pertama bayi, ASI memang mencakup nutrisi dasar seperti karbohidrat, protein dan lemak, serta air agar ia tetap terhidrasi. Namun, ASI bukanlah makanan biasa karena mengandung gizi tinggi yang luar biasa.

"Selama kehamilan, sistem kekebalan bayi siap untuk sumber makanan yang diproduksi ibunya yakni ASI. Itulah yang diharapkan tubuh bayi untuk makan, mengonsumsi, dan memanfaatkannya secara paling efektif," ujar Nadine Rosenblum, Koordinator Program Laktasi Perinatal di Johns Hopkins Medicine, seperti dikutip dari Hopkinsmedicine.


Rosenblum mengatakan bahwa ASI bukan zat yang homogen. Ratusan nutrisi telah diidentifikasi dalam ASI. Dan para peneliti masih menemukannya lebih banyak. Kombinasi yang tepat dari nutrisi ini sangatlah dinamis. Uniknya, komposisi ASI juga berubah berdasarkan kebutuhan bayi setiap hari setiap kali mereka makan dari setiap tahap kehidupan.

Melansir Medela, semua protein ASI itu terbuat dari asam amino. Ada lebih dari 20 senyawa ini dalam ASI. Dan beberapa darinya disebut nukleotida yang meningkat pada malam hari. Para ilmuwan berpikir bahwa inilah yang dapat menyebabkan mereka tidur nyenyak.

Smiling mother breastfeeding her baby daughter while being at home.Ilustrasi Bayi Menyusu/ Foto: iStock

ASI juga mengandung lebih dari 1.000 protein yang membantu bayi tumbuh dan berkembang, mengaktifkan sistem kekebalan tubuhnya, serta mengembangkan dan melindungi neuron di otaknya.

Tak hanya itu, ASI juga mengandung lebih dari 40 enzim. Enzim adalah katalis yang mempercepat reaksi kimia dalam tubuh. Yang ada diĀ ASI ialah memiliki pekerjaan untuk membantu pencernaan dan sistemĀ kekebalan tubuh bayi dan membantunya menyerap zat besi.

Kandungan vitamin dan mineral dalam ASI juga tak diragukan lagi. Nutrisi ini sangatlah baik untuk mendukung pertumbuhan sehat dan fungsi organ, serta membantu bayi membangun gigi dan tulangnya.

Oh ya, hal terpenting bahwa ASI mengandung antibodi yang disebut imunoglobulin. Ada lima bentuk dasar antibodi dan semuanya dapat ditemukan dalam ASI Bunda. Antibodi tersebut dapat melindungi bayi dari penyakit dan infeksi dengan cara menetralkan bakteri serta virus.

Nah, itulah di antaranya sederet kandungan terbaik yang ada dalam ASI. Tetap semangat mengASIhi ya, Bunda, untuk tumbuh kembang terbaik si kecil.

Simak juga tips memperbanyak produksi ASI saat ibu menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(Dwi Indah Nurcahyani/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi