sign up SIGN UP search


menyusui

Ingin ASI Melimpah? Coba Lahap 5 Makanan Enak Ini Bun

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 28 Aug 2021 07:50 WIB
wanita sedang makan makanan diet caption

Jakarta - Buat Bunda menyusui, produksi ASI yang naik-turun tentu sudah menjadi hal yang biasa dihadapi. Saat ASI melimpah, Bunda pasti merasa tenang tak perlu khawatir karena kebutuhan Si Kecil terpenuhi. Namun, bila produksi ASI sedang seret, tak ayal bisa bikin panik dan stres ya.  

Hal itu lumrah dirasakan banyak ibu menyusui kok. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir berlebihan menghadapinya. Memang ya, Bunda, menyusui merupakan aktivitas yang menuntut secara emosional dan fisik. Sehingga, ketika emosi dan fisik kurang selaras, akan memengaruhi produksi ASI secara signifikan.

Mengingat perjuangan ibu menyusui tidaklah mudah, tak jarang pula yang mencari upaya lain untuk meningkatkan produksi ASI, salah satunya dengan melahap makanan yang dipercaya bisa membuat ASI melimpah, seperti fenugreek dan teh adas.


"Setiap budaya memiliki tradisi seputar kelahiran dan menysuui. Banyak yang melibatkan makanan atau herbal tertentu untuk meningkatkan produksi ASI mereka," ujar Tanja Knutson, konsultan laktasi di perusahaan UpSpring.

Meski demikian, perlu Bunda paham bahwa ilmu dan pengalaman dari deretan makanan ibu menyusui yang dapat meningkatkan ASI tidaklah cocok untuk semua orang.

Molly Petersen, konsultan laktasi di Lansinoh mengatakan bahwa setiap tubuh setiap Bunda berbeda dalam merespons suplemen dan makanan. Plus, tidak ada banyak bukti ilmiah yang memperkuat kemanjuran bahan-bahan tertentu karena masih sulitnya penelitian terhadap ibu hamil atau menyusui, seperti dikutip dari laman Wellandgood.

Namun, bukan berarti Bunda tidak perlu ikut berusaha meningkatkan produksi ASI dengan makanan-makanan tertentu. Seperti oat misalnya yang merupakan sumber zat besi, serat, seng, dan magnesium yang menjadi mikronutrien penting untuk menjaga pola makan yang sehat.

Selain itu, beberapa makanan ibu menyusui lainnya juga dapat Bunda jadikan asupan harian lho agar ASI melimpah. Berikut ini beberapa di antaranya seperti dikutip dari laman Theeverymom:

1. Bayam

Sayuran berdaun hijau dapat membantu meningkatkan laktasi dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lebih awal terpapar sayuran melalui ASI mungkin menyukai rasa tersebut lebih baik ketika mereka semakin besar. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video tentang tips pola makan sehat ibu menyusui dengan memperbanyak protein di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



5 MAKANAN IBU MENYUSUI AGAR ASI MELIMPAH, WAJIB BANGET DIKONSUMSI BUN!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!