sign up SIGN UP search


menyusui

7 Cara Mengencangkan Payudara Kendur Usai Menyusui

Annisa Afani Rabu, 08 Jul 2020 09:59 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Sebagai seorang wanita, Bunda mungkin memiliki keinginan untuk memperbaiki bentuk payudara setelah menyapih bayi. Itu karena menyusui dapat mengubah bentuk payudara menjadi mengendur, dan turun.

Ibu baru sering mengaitkan payudara kendur karena menyusui. Namun itu tidak benar. Yang menyebabkan payudara mulai mengendur adalah karena naik dan turunnya berat badan selama masa kehamilan.

Namun masalah tersebut dapat diatasi, lho Bunda. Dilansir dari Parenting Firstcry, berikut tujuh cara yang dapat Bunda lakukan untuk memperbaiki bentuk dan mengencangkan payudara usai menyusui:


1. Kompres payudara

Kompres payudara dengan air hangat dan dingin, tapi jangan setiap hari. Kuncinya adalah menggunakan air panas dan dingin secara bergantian, Bunda. Ini adalah teknik sederhana untuk meningkatkan kekencangan payudara secara bertahap. Teknik ini dapat merangsang sirkulasi darah di daerah payudara. Namun, teknik ini hanya akan memiliki efek sementara dan tidak akan membentuk kembali payudara secara permanen.

2. Gunakan bra yang tepat

Payudara yang kendur dirasakan oleh sebagian besar ibu hamil saat mereka menyapih bayinya. Yang diperlukan bagi Bunda untuk memperbaikinya adalah menggunakan bra yang tepat.

Bunda mungkin harus mengganti bra lama dengan yang baru, atau memilih bra olahraga untuk bisa mendukung payudara ke bentuk yang lebih baik. Selain itu, koreksi teknik menyusui karena biasanya saat menyusui, postur tubuh Bunda membungkuk. Yang tepat adalah punggung lurus.

3. Pijat payudara

Menyusui memberikan banyak rangsangan pada payudara, tetapi menyapih membuatnya tidak lagi mendapat rangsangan. Memijat payudara dapat membantu payudara menerima stimulasi dari segala arah, menyebabkan sirkulasi darah merevitalisasi dan mendukung jaringan payudara.

Bunda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond untuk memijatnya untuk mengurangi efek kendur. Pijatan juga dapat menguatkan otot dan membantu tetap kencang.

4. Diet tepat

Diet selama kehamilan, dan saat menyusui akan berbeda dari diet yang harus Bunda jalani setelah menyapih bayi. Apapun yang dikonsumsi, harus makanan dengan manfaat yang dapat meningkatkan tonus otot, membuat kulit menjadi kenyal, dan mengencangkannya.

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetableIlustrasi diet sehat/ Foto: iStock

Untuk ini, Bunda harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B dan E. Selain itu, Bunda juga harus mengurangi konsumsi bahan makanan hewani yang kaya lemak karena dapat menambah berat payudara, namun mengurangi kekenyalannya.

5. Olahraga

Apapun yang Bunda makan, payudara tidak akan kembali ke bentuk normalnya jika tidak diimbangi dengan berolahraga. Melakukan olahraga yang tepat adalah cara termudah dan paling nyaman untuk membuat payudara kembali kencang dan bugar.

Secara teknis, payudara hanyalah lapisan lemak sehingga Bunda tidak dapat membentuknya secara langsung. Namun, otot di payudara berfungsi menahannya dengan benar dan menjaga postur tubuh tetap tegak.

Yang terbaik adalah memilih olahraga yang fokus pada inti dan daerah dada, seperti push-up, pullover dumbbell, dan chest press untuk mengencangkan otot dada. Mulailah dengan beban ringan dan lakukan secara bertahap. Dapatkan pelatih olahraga yang baik dan bicarakan dengan dokter sebelum memulai latihan ini.

6. Krim payudara

Salah satu cara populer yang digunakan sebagian besar wanita untuk melawan perubahan payudara setelah menyusui adalah dengan suplemen dan krim alami. Krim dari fanugreek atau palmetto memiliki beberapa sifat yang bisa memengaruhi kulit dan jaringan otot.

Mengoleskan krim ini secara teratur diyakini bisa mengencangkan kulit dan membuat payudara kencang. Namun, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakannya.

7. Operasi

Ini idealnya harus menjadi pilihan terakhir dan dipilih jika merasa tidak puas dengan penampilan payudara Bunda. Meski begitu, sangat dianjurkan untuk menggunakan cara alami lain yang disebutkan sebelumnya lebih dahulu untuk periode waktu yang substansial.

Ada banyak prosedur bedah untuk memilih bentuk dan ukuran yang Bunda inginkan. Pastikan untuk melakukan penelitian yang memadai tentang prosedur dan memilih ahli bedah plastik yang berpengalaman sebelum melakukannya.

Bunda, tonton juga yuk 3 gerakan yang bisa mengencangkan payudara dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi