sign up SIGN UP search


menyusui

6 Jenis Makanan yang Bisa Bunda Jadikan ASI Booster

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 14 Jul 2020 18:12 WIB
Mother With Baby Eating Healthy Meal In Kitchen caption
Jakarta -

Banyak ibu menyusui menghadapi pasang surut produksi ASI. Tak ayal, berbagai ASI booster pun dicoba untuk memaksimalkan produksi ASI.

Ketika melihat ibu menyusui lain produksi ASI melimpah, kadang-kadang hal itu memang bikin minder. Rasanya, ASI sendiri pas-pasan dan takut tidak memenuhi kebutuhan si kecil.

Alhasil, berbagai cara pun dilakukan untuk meningkatkan pasokan ASI. Selain ASI booster bermerek, sebenarnya berbagai makanan pun bisa Bunda upayakan untuk merangsang produksi ASI lho.


Alicia C. Simpson, seorang konsultan laktasi di Atlanta mengatakan bahwa beberapa makanan memang dapat mendongkrak produksi ASI secara maksimal. Beberapa di antaranya dapat dengan mudah ditemui di sekitar rumah lho. Berikut daftarnya:

1. Pepaya
Dilansir Todaysparent, buah pepaya dapat meningkatkan pasokan ASI. "Bunda dapat mengonsumsi pepaya dengan yoghurt, sereal, dan buah lainnya,ujar Simpson.

2. Oatmeal
Mengutip Whattoexpect, beberapa sumber makanan yang bisa dijadikan ASI booster yakni oatmeal, Bunda. Entah dinikmati dalam suguhan dengan susu, atau cookies oat, Bunda yang menyusui dapat mengandalkan asupan ini untuk meningkatkan pasokan ASI.

Hal ini dikarenakan biji-bijian utuh merupakan sumber zat besi (setengah cangkir gandum kering memiliki hampir 2 mg zat besi atau sekira 20 persen dari yang dibutuhkan ibu menyusui per hari).

3. Daging tanpa lemak
Kemudian, makanan yang bisa dijadikan ASI booster lainnya yaitu daging dan unggas tanpa lemak. Bunda dapat menjadikan daging sapi tanpa lemak, domba, dan unggas sebagai sumber asupan utama zat besi.

Jadi, jika mendapatkan cukup mineral maka dapat meningkatkan pasokan ASI yang lebih maksimal. Dan, makanan-makanan tersebut dapat membantu mewujudkannya.

Amaranthus leaves on bamboo colander on white backgroundBayam untuk ASI booster/ Foto: iStock

4. Sayuran kaya zat besi
Oh ya, Bunda juga dapat mengonsumsi sayuran seperti daun bayam dan bit yang mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat. Ini tentunya sangat penting untuk memulihkan stamina Bunda yang mengalami anemia, seperti dikutip dari Mom Junction.

5. Nasi merah
Sertakan pula nasi merah dimana dapat membantu Bunda meningkatkan produksi ASI. Nasi merah diketahui memiliki stimulan hormon yang meningkatkan laktasi serta memberikan energi ekstra yang diperlukan bagi ibu menyusui.

6. Wortel
Dan, jangan lupa memasukkan wortel dalam asupan harian ya, Bunda. Bunda dapat menjadikannya jus wortel sebagai sarapan atau makan siang di mana dipercaya dapat memberikan keajaiban bagi produksi ASI secara maksimal.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk makanan lain yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ASI. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi