menyusui

8 Jenis Minuman yang Bisa Jadi ASI Booster, Bunda Mau Coba?

Annisa Karnesyia Selasa, 08 Oct 2019 10:05 WIB
8 Jenis Minuman yang Bisa Jadi ASI Booster, Bunda Mau Coba?
Jakarta - Menyusui bukan cuma jadi momen bonding Bunda dan si kecil. Memberikan ASI langsung sama artinya memenuhi asupan nutrisi anak. Jadi, penting untuk Bunda memperhatikan makanan yang dimakan.

Banyaknya ASI bisa dipengaruhi status gizi dan kecukupan asupan harian ibu. Demikian dikutip dari buku Anti Panik Menjalani Kehamilan yang disusun tim Tiga Generasi.

"Ibu menyusui yang membatasi asupan makanan kurang dari 1.500 - 1.800 kkal per hari akan memproduksi ASI lebih sedikit dibanding yang cukup makan," kata tim penulis.


Untuk meningkatkan ASI, tak jarang banyak ibu coba memaksimalkan produksinya dengan berbagai cara. Salah satunya mengonsumsi makanan yang bisa jadi ASI booster. Selain makanan, ada beberapa minuman yang bisa dijadikan ASI booster, Bun.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 7 minuman yang bisa jadi ASI booster. Bisa dicoba ya, Bun.

1. Air mineral

Minum air mineral bisa meningkatkan total volume ASI sekali konsumsi. Selain itu dapat mencegah dehidrasi dan menggantikan cairan yang hilang selama menyusui. Mengutip Mayo Clinic, ibu menyusui disarankan minum setidaknya 13 gelas atau 3,1 liter air per hari.

2. Susu Almond

Tidak semua susu ibu menyusui cocok bagi Bunda yang tengah menyusui karena bisa memengaruhi mood bayi. Jika Bunda ingin mengurangi konsumsi susu tapi tetap mendapatkan nutrisi susu, bisa minum susu almond ya.

Kandungan di kacang almond adalah omega 3 dan vitamin E. Omega 3 membantu meningkatkan hormon yang menghasilkan banyak ASI. Sedangkan, vitamin E bisa bantu menyembuhkan gatal-gatal yang disebabkan strech mark setelah melahirkan.

Susu untuk ASI boosterSusu untuk ASI booster/ Foto: iStock

3. Jus buah atau sayur

Jus buah hampir sama seperti air mineral. Dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan ibu menyusui. Namun, lebih baik karena ada tambahan vitamin. Sebaiknya minumlah jus yang 100 persen mengandung buah tanpa tambahan gula atau sirup.

Sebagai catatan, buah jeruk mungkin akan menimbulkan reaksi sensitif pada bayi yang menyusu. Sedangkan pada jus sayur, Bunda harus perhatikan kandungan natrium yang mungkin terkandung dalam jus kemasan.

4. Susu sapi

Susu sapi mengandung kalsium dan essential fatty acids (EFA). Minum susu sapi saat menyusui bukan hanya meningkatkan produksi ASI tapi juga membantu anak terhindar dari alergi susu sapi. Minumlah dua atau tiga gelas susu sapi setiap hari.

5. Teh herbal

Beberapa jenis teh herbal bisa jadi ASI booster. Namun, beberapa herbal yang mengandung peppermint, lemon balm, dan gingseng bisa mengurangi pasokan ASI dan berbahaya bagi ibu juga bayi.

6. Infused water

Infused water bisa jadi pilihan Bunda memenuhi asupan cairan jika merasa bosan minum air mineral saja. Cukup siapkan air dalam botol, masukan sekitar 1/3 buah dan 2/3 es tanpa gunakan gula. Beberapa buah yang bisa digunakan, yaitu mentimun, melon, strawbery, semangka, raspberry, dan lemon.

7. Seltzer water

Seltzer water adalah air soda yang mengandung mineral tinggi dan dianggap sehat untuk diminum. Minuman ini tidak mengandung gula dan bebas kafein. Belakangan, seltzer water disajikan dengan rasa buah-buahan, Bun.

Bicara soal meningkatkan produksi ASI, simak juga tips lainnya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi