sign up SIGN UP search


menyusui

Seberapa Efektif Teh Pelancar ASI Bantu Ibu Menyusui?

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 15 Jul 2020 08:21 WIB
Morning of busy mother caption
Jakarta -

Bagi ibu menyusui, berbagai upaya untuk memaksimalkan produksi ASI siap ditempuh. Tidak saja menyediakan asupan bergizi, tetapi juga berbagai booster ASI yang membantu ASI melimpah rela dikonsumsi.

Nah, di antara berbagai booster ASI, salah satu yang banyak diandalkan para ibu menyusui yakni teh pelancar ASI. Teh ini biasanya mengandung herbal-herbal tertentu yang dipercaya dapat membantu meningkatkan pasokan ASI.

Biasanya, bahan utama teh pelancar ASI ialah fenugreek, adas, ketumbar, thistle, dan ramuan tradisional lainnya, seperti dikutip dari laman The Bump.


Menurut National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), penelitian menunjukkan bahwa fenugreek dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui, dan beberapa ibu menemukan bahwa menyesap beberapa cangkir teh pelancar ASI setiap hari merupakan satu cara mudah untuk membantu tubuh mereka menghasilkan lebih banyak ASI.

Jeanne Cygnus, IBCLC, seorang konsultan laktasi mengatakan sebaiknya setelah ASI Bunda berada pada level yang sesuai dengan kebutuhan bayi, Bunda dapat beristirahat sejenak mengonsumsinya.

Satu kelemahan dari teh pelancarĀ ASI yakni tidak ada cara untuk mengetahui dosis pasti yang Bunda dapatkan. Ini mungkin akan baik-baik saja jika memberikan sedikit dorongan pada suplai ASI Bunda. Tetapi, jika Bunda benar-benar fokus pada peningkatan suplai ASI, ide yang lebih baik ialah mengonsumsinya saat masih dalam bentuk fenugreek, yang dosisnya lebih bisa ditakar secara tepat. Misalnya fenugreek dalam bentuk kapsul, bubuk, dan lainnya.

hot ginger tea with orange slices and cinnamon in a glass cup on a blanket and some red autumn leaves, selected focus, narrow depth of fieldTeh pelancar ASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/fermate

Menurut Julie Lamppa, A.P.R.N, seorang bidan bersertifikat di Rochester mengatakan bahwa uji klinis yang menunjukkan kalauĀ teh pelancar ASI atau herbal membantu meningkatkan pasokan ASI, cenderung menjadi ukuran sampel yang kecil dan dirancang dengan buruk.

"Keamanan suplemen herbal termasuk teh pelancar ASI untuk ibu menyusui dan bayinya juga tidak sepenuhnya jelas. Namun, jika dosis berlebihan dihindari, mereka cenderung memiliki keamanan yang relatif," kata Lamppa.

Teh pelancar ASI biasanya termasuk fenugreek, sudah kadung dipercaya dapat meningkatkan aliran ASI. Padahal, banyak bukti yang menunjukkan bahwa ini bekerja sebagian besar bersifat anekdotal. Berbeda dengan fenugreek, yang diketahui dapat bertindak seperti estrogen dalam tubuh.

Bagi ibu menyusui yang memiliki riwayat kanker yang sensitif terhadap hormon, ramuan tersebut tidaklah aman dan sebaiknya dihindari. Selain itu, Bunda juga tidak boleh mengonsumsinya saat hamil karena dapat memicu kontraksi uterus, seperti dikatakan pakar kesehatan wanita, Jennifer Wider M.D.

Untuk itu, ada baiknya Bunda membicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi teh pelancar ASI atau suplemen herbal yang dapat membantu melancarkan ASI agar lebih aman ya, Bunda.

Semoga membantu dan tetap semangat mengASIhi!

Bunda, simak juga yuk tips memperbanyak ASI dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi