sign up SIGN UP search


menyusui

4 Rempah yang Bisa Dijadikan ASI Booster, Tertarik Mencoba?

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 18 Jul 2020 08:00 WIB
Wedang jahe caption
Jakarta -

Selain makanan, banyak ibu menyusui mengonsumsi berbagai rempah sebagai ASI booster. Sejumlah rempah-rempah memang dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi ASI nih, Bunda.

Melansir Ndtv, beberapa rempah memang diketahui dapat meningkatkan aliran ASI pada Bunda menyusui yang dikenal sebagai galactogogues.

Sebagian ibu menyusui memang mengalami produksi ASI yang minim karena berbagai alasan. Untuk itu, mengonsumsi berbagai rempah yang dapat dijadikan ASI booster sangatlah membantu.


Anju Madeed, Director and Senior Scientist di Sami Labs merekomendasikan beberapa rempah-rempah yang terkenal dan efektif meningkatkan produksi ASI. Salah satunya ialah fenugreek.

Cari tahu yuk, Bunda, apa saja rempah yang bisa dijadikan ASI booster:

1. Fenuugreek

"Fenugreek merupakan salah satu ramuan obat tertua. Biji fenugreek mengandung senyawa yang disebut fitoestrogen dimana membantu dalam meningkatkan fungsi kelenjar susu," ujar Medeed.

Agar lebih efektif, biji fenugreek sebaiknya direndam semalaman, direbus, dan disaring. Dan Bunda dapat mengonsumsinya setiap pagi untuk meningkatkan produksi ASI.

A bottle of essential oil with cinnamon bark on a rustic backgroundKayu manis sebagai ASI booster/ Foto: iStock

2. Kayu manis

Selain fenugreek, rempah-rempah yang bisa dijadikan ASI booster yakni kayu manis. Kayu manis diketahui dapat meningkatkan aliran ASI. Bunda dapat menambahkan kayu manis dengan setengah sendok madu dalam segelas susu hangat untuk dikonsumsi.

3. Jahe

Bunda pun dapat memanfaatkan jahe sebagai rempah yang dapat dijadikan ASI booster. Jahe diketahui dapat menambah rasa pada makanan dan mengobati berbagai masalah kesehatan. Tapi di luar itu, jahe juga dipercaya membantu Bunda yang menyusui untuk meningkatkan produksi ASI, seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

4. Biji adas

Ada juga biji adas yang bisa dijadikan rempah efektif untuk meningkatkan produksi ASI Bunda. Biasanya, bagian yang kerap digunakan yakni biji dan bagian daunnya. Bunda dapat menjadikannya sebagai rempah-rempah dalam sayuran yang Bunda buat atau juga diseduh menjadi minuman.

Nah, Bunda mau pilih yang mana? Apa pun pilihannya, hal terpenting tetap semangat mengASIhi ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk cerita perjuangan Winda 'Idol' berjuang mengASIhi buah hati dengan penyakit hipertensi. Klik video di bawah:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi