sign up SIGN UP search

menyusui

Fenugreek Jadi ASI Booster, Benarkah Ada Efek Samping yang Bahaya untuk Busui?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 21 Jan 2023 07:50 WIB
Ibu Menyusui Fenugreek Jadi ASI Booster, Benarkah Ada Efek Samping yang Bahaya untuk Busui?/ Foto: iStock
Jakarta -

Fenugreek menjadi salah satu bahan produk ASI booster yang populer di Indonesia. Bahan herbal ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI, Bunda.

Namun, baru-baru ini ramai di media sosial beredar informasi seputar efek samping fenugreek. Seorang influencer mengatakan bahwa produk ASI booster mengandung fenugreek telah dilarang di luar negeri.

Ia juga mengunggah screenshot artikel yang membahas efek samping bahan herbal ini. Beberapa efek sampingnya adalah mual, muntah, dan sakit kepala, sakit perut, dan perut kembung.


Lalu benarkah fenugreek memiliki efek samping yang merugikan untuk ibu menyusui atau busui? Bagaimana dengan manfaat fenugreek yang sering disebut sebagai ASI booster?

Sebenarnya, beberapa studi pernah meneliti manfaat fenugreek untuk ibu menyusui atau busui. Salah satunya studi tahun 2017 yang diterbitkan di Phytotherapy Research menemukan bahwa kandungan fitoestrogen di fenugreek diyakini bisa meningkatkan produksi ASI.

Tapi, konsumsi fenugreek memang sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter atau konsultan laktasi ya, Bunda. Sebab, menurut data di LactMed, bahan herbal ini bisa berpotensi menyebabkan keluhan medis tertentu.

Apa itu fenugreek?

Dilansir laman Healthline, fenugreek memiliki nama Latin, Trigonella foenum-graecum. Di Tingkok, fenugreek digunakan untuk mengobati masalah kulit dan banyak penyakit lainnya.

"Fenugreek adalah tanaman herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif dan mungkin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan," kata ahli diet Amy Richter, RD.

Fenugreek juga kerap digunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 1 dan tipe 2. Studi yang diterbitkan dalam Galen Medical Journal tahun 2019 menemukan manfaat fenugreek untuk mengendalikan kadar gula darah dan pengobatan diabetes tipe 2.

Konsumsi fenugreek selama menyusui enggak boleh sembarangan. Sebab, tanaman herbal ini dapat menimbulkan efek samping. Simak efek samping konsumsi fenugreek, di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 buah yang bisa menjadi ASI booster alami, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

EFEK SAMPING KONSUMSI FENUGREEK UNTUK IBU MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!