sign up SIGN UP search


menyusui

Penyebab Siklus Menstruasi Tak Lancar pada Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 30 Jul 2020 15:27 WIB
Little asian boy feeds on mother's breasts milk : Soft focus caption
Jakarta -

Selama kehamilan, Bunda terbebas dari periode menstruasi. Selepas melahirkan dan masa nifas, biasanya siklus tamu bulanan tersebut akan kembali normal.

Namun, ada pula beberapa Bunda yang mengalami siklus bulanan terlambat dari seharusnya. Menurut Amina White, M.D, clinical associate professor of obstetrics and gynecology di University of North Carolina di Chapel Hill, proses menyusui setelah melahirkan bisa membuat siklus menstruasi tertunda.

"Bunda mungkin akan mendapatkan menstruasi lebih lama karena prolaktin (hormon untuk produksi ASI) mencegah ovulasi," ujarnya seperti dikutip dari laman Parents.


White menjelaskan, pada sebagian Bunda butuh beberapa minggu atau bulan untuk kembali normal. Siklus yang tidak teratur saat menyusui merupakan hal umum yang dialami wanita. Terutama, jika Bunda melakukan kombinasi pemberian susu formula dan menyusui.

Ketika menstruasi kembali normal, mungkin tidaklah terlihat sama seperti sebelumnya. Siklus Bunda bisa lebih pendek, lebih lama, lebih ringan, dan lebih berat. Dan, semua perubahan ini merupakan hal normal.

Asian Mother nursery feeding bottle of formula milk to newborn baby in bed suffering from post natal depression. Health care single mom motherhood stressful concept.Penyebab menstruasi ibu menyusui tidak teratur/ Foto: iStock

Melansir Healthline, tidak ada jadwal khusus yang bisa mengembalikan siklus menstruasi ke kondisi normal. Hal itu karena kondisi setiap wanita berbeda-beda. Kemungkinannya ialah jika Bunda siklusnya cukup teratur sebelum hamil, maka menstruasi juga akan kembali dan menjadi normal setelah Bunda berhenti menyusui.

Menurut Dr Karen Leham, M.D, jangka waktu untuk siklus normal ialah antara enam bulan hingga dua tahun.

Penting juga untuk diketahui bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur selalu berkaitan dengan kurangnya ovulasi. Beberapa wanita berasumsi bahwa mereka tidak bisa hamil saat menyusui jika mereka tidak menstruasi secara teratur.

Jadwal haid yang tidak teratur tidak dipengaruhi oleh siklus yang kurang atau lebih dari 28 hari. Ada banyak hal lain yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi tidak teratur, bahkan saat Bunda menyusui.

Menyusui bukan penyebab dari siklus menstruasi yang terlambat. Bunda juga sebaiknya mempertimbangkan gejala lain seperti kemunculan bercak, perdarahan yang lebih banyak dari perdarahan normal, atau siklus menstruasi yang lebih panjang.

Ada baiknya mendiskusikannya kepada dokter jika siklus menstruasi Bunda tidak teratur dalam jangka lama, terutama ketika sedang menyusui. Sehingga, Bunda pun mendapatkan penanganan terbaik dari dokter untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk tips memperbanyak ASI saat masih menstruasi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi