Sign Up search


menyusui

Penyebab Ibu Menyusui Belum Mendapatkan Menstruasi Usai Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 25 Mar 2020 09:02 WIB
Penyebab Ibu Menyusui Belum Mendapatkan Menstruasi Usai Melahirkan caption
Jakarta - Setelah melahirkan, tak sedikit Bunda yang siklus menstruasinya jadi tidak normal. Khususnya bagi para Bunda yang menyusui secara eksklusif.

Menurut Frances Jones, spesialis laktasi di BC Women Hospital di Vancouver, Bunda yang menyusui secara eksklusif memang biasanya tidak mendapatkan menstruasi selama beberapa bulan setelah bayi lahir.


"Meski demikian, ketika Bunda yang tidak sering menyusui dan bayi mulai tidur sepanjang malam, maka Bunda dapat mulai berovulasi lebih cepat. Dan bagi sebagian Bunda, ovulasi baru muncul setelah beberapa bulan," ujar Jones, dikutip dari Todaysparent.


Sementara itu, melansir Very Well Family, periode pertama setelah bayi lahir bisa didapatkan paling cepat enam minggu setelah Bunda melahirkan. Jika Bunda tidak menyusui, biasanya Bunda dapat menstruasi kembali dalam tiga bulan.

Namun, setiap orang berbeda, sehingga waktunya bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya. Perlu Bunda ingat bahwa menyusui memang dapat menunda menstruasi lebih lama. Tetapi, Bunda tetap dapat menstruasi selama menyusui.

Penyebab Ibu Menyusui Belum Mendapatkan Menstrusi Usai MelahirkanPenyebab ibu menyusui belum menstruasi/ Foto: iStock

Biasanya, menstruasi akan lebih cepat datang ketika Bunda memilih tidak menyusui. Hal serupa juga akan dialami Bunda menyusui tetapi tidak secara eksklusif, Bunda menggunakan botol untuk menyusui, dan bayi Bunda mulai tidur sepanjang malam.

Bunda juga akan memiliki peluang menstruasi ketika si kecil mulai diberikan MPASI. Artinya enam bulan setelah melahirkan, Bun.

Nah, ketika menstruasi datang untuk pertama kalinya setelah melahirkan, Bunda tetap dapat aman menyusui. Ini tidak berarti Bunda harus menyapih si kecil untuk sementara waktu. Sebab, menyusui saat sedang menstruasi benar-benar aman dan sama sekali tidak berbahaya bagi Bunda dan si kecil.


Tak hanya itu, Bun, ASI yang Bunda hasilkan pun masih sehat dan bergizi untuk si kecil. Hanya saja, perubahan hormon pada hari-hari menjelang menstruasi dapat memengaruhi ASI dan pola menyusui bayi selama beberapa hari.

Jadi, tetap semangat mengASIhi ya, Bun!

Nah, agar proses menyusui tidak terganggu saat menstruasi, simak yuk cara memperbanyak ASI seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi