sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda yang Sedang Sakit, Masih Bolehkah Menyusui?

Siti Hafadzoh Sabtu, 29 Aug 2020 17:50 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption
Jakarta -

Menjadi ibu baru mungkin membuat Bunda serba khawatir. Apalagi kalau Bunda sedang sakit tapi si kecil masih harus menyusu. Apakah Bunda tetap boleh menyusui ya dalam keadaan sakit?

Pasti ada rasa khawatir bayi akan tertular oleh Bunda yang sedang sakit. Tapi ternyata menurut konselor laktasi, ASI justru membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi lho.

"Saat ibu menyusui sakit, dia memberikan antibodi kepada bayinya yang membantu melindunginya dari penyakit," kata Kelly A. Hightower, R.N., konselor laktasi bersertifikat dikutip dari Parents.


Namun, tidak semua ibu yang sedang sakit dibolehkan untuk menyusui ya, Bunda. Ibu yang mengidap beberapa penyakit disarankan untuk tidak menyusui bayinya.

Ibu yang mengidap HIV, tuberkulosis, atau virus limfotropik sel T manusia tipe I atau II disarankan untuk tidak menyusui bayinya. Bunda yang sedang menjalani kemoterapi atau pengobatan radiasi untuk kanker juga tidak boleh menyusui.

Bagaimana kalau ibu menyusui terinfeksi virus corona? Dilansir situs Unicef Indonesia, bukti menunjukkan bahwa virus corona tidak pernah ditemukan pada ASI, Bunda.

Bunda tetap bisa menyusui si kecil meskipun mengalami gejala virus corona. Tapi, harus diperhatikan protokol kesehatan ya.

Supaya bayi tidak terinfeksi virus, Bunda tetap harus mengenakan masker ya. Selain itu, cuci tangan dan pastikan tubuh bersih setiap akan memegang bayi.

Lihat juga video tentang tips memperbanyak ASI ketika menstruasi berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi