sign up SIGN UP search

menyusui

7 Penyebab Menyusui Picu Sakit Kepala Hebat, Waspadai Dehidrasi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 17 Apr 2022 07:10 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Sakit kepala dapat mengganggu proses menyusui. Apalagi bila sakit kepala ini berlangsung terus-menerus, Bunda.

Sakit kepala menyusui terkadang muncul saat Bunda menyusui bayinya. Rasa sakit cenderung berkurang atau berhenti setelah menyusui selesai.

Banyak Bunda minum obat pereda nyeri untuk mengatasi sakit kepalanya. Beberapa menggunakan obat herbal yang dipercaya bisa meredakan nyeri ini.


Beberapa obat memang aman dikonsumsi Bunda selama menyusui. Tapi jangan sembarangan minum obat tanpa konsultasi ke dokter ya. Ada jenis obat yang masuk ke ASI dan bisa berdampak buruk pada bayi.

Sebelum mendapatkan penanganan yang tepat, Bunda sebaiknya pahami dulu penyebab menyusui bisa memicu sakit kepala.

Banner Nikita Willy Melahirkan

Penyebab sakit kepala pada Busui

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 7 penyebab menyusui picu sakit kepala:

1. Fluktuasi hormon

Pada periode postpartum atau setelah melahirkan, kadar estrogen akan turun drastis. Pada saat yang sama, hormon oksitosin dan prolaktin akan naik. Nah, fluktuasi hormonal ini dapat menyebabkan sakit kepala.

"Jenis sakit kepala ini disebut juga sakit kepala laktasi. Sakit kepala terkait hormon ini dapat hilang setelah beberapa minggu, tetapi dapat berlanjut sampai proses menyapih anak," kata perawat Donna Murray, RN, BSN, dilansir Very Well Family.

2. Pembengkakan payudara

Sakit kepala juga dapat disebabkan pembengkakan payudara, Bunda. Payudara yang membesar menjadi keras, bengkak, dan penuh. Pembengkakan bahkan bisa meluas ke area ketiak.

Jika tidak diobati, pembengkakan dapat menyebabkan infeksi yang disebut mastitis. Salah satu gejalanya adalah nyeri tubuh secara keseluruhan, termasuk sakit kepala.

3. Dehidrasi

Asupan cairan sangat penting selama menyusui. Bunda yang kurang cairan akan mengalami dehidrasi.

Seseorang yang dehidrasi dapat mengalami gejala lemas hingga sakit kepala. Untuk menghindarinya, Bunda perlu mencukupi asupan cairan dalam sehari ya.

[Gambas:Video Haibunda]



KELELAHAN HINGGA MIGRAIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!