sign up SIGN UP search


menyusui

Tak Perlu Khawatir, Bunda Demam Masih Boleh Menyusui Bayi Asalkan...

Meita Fajriana Selasa, 08 Jun 2021 20:05 WIB
Mother with mask breastfeeding her little baby caption

Jakarta - Menyusui memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi bayi, tetapi mungkin Bunda tidak selalu dalam kondisi prima untuk menyusui buah hatinya. Berbagai aktivitas baru setelah kelahiran bayi, membuat Bunda lebih banyak terjaga pada malam hari sehingga kurang tidur dan kelelahan, sehingga rentan sakit.

Lalu, bagaimana saat Bunda mengalami demam? Bisakah Bunda tetap menyusui saat demam? Saat merasa tidak enak badan, Bunda tentu khawatir akan menularkan penyakit kepada bayi Bunda melalui ASI. Jika hal-hal ini sedang ada dalam pikiran Bunda, tenang ya Bunda. Bunda masih tetap menyusui Si Kecil namun dengan cara yang aman. 

Melansir dari laman Romper, menyusui tetap bisa dilakukan saat demam bergantung pada keparahannya. Jika kondisi Bunda demam yang sangat tinggi, tentunya perlu bantuan medis dan obat-obatan untuk menyembuhkannya, sehingga akan berdampak pada ASI jika tetap menyusui Si Kecil. Namun, jika demam yang Bunda alami terbilang ringan tetap susui bayi ya. 


Perlu Bunda ketahui bahwa menyusui ternyata dapat memberikan manfaat pada penyembuhan demam ringan lho. Jadi, dengan tetap menyusui Bunda membantu mencegah bayi juga tertular sakit. Karena virus ada di sekitarnya, namun dengan tetap menyusu ASI dapat menjaga imun tubuh Si Kecil. 

"Sangat jarang penyakit menular melalui ASI. Kemungkinan penyebaran infeksi lebih tinggi melalui kontak. Tetapi bahkan jika Anda berada dalam kontak dekat dengan bayi Anda, ASI dapat melindungi bayi dari tertularnya infeksi dari Anda. Ini karena ASI membawa antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi pada bayi Anda. Dan jika bayi Anda jatuh sakit, menyusui sebenarnya akan membantunya pulih lebih cepat karena antibodi yang sama dalam ASI Anda," kata Dr Saroja Balan, dokter anak di New York dikutip dari laman Baby Center. 

 Simak kelanjutan informasinya di halaman berikutnya!

Bunda, Nadya Mulya berbagi tips sukses ASI eksklusif untuk Bunda bekerja nih. Klik video di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



PERHATIKAN HAL BERIKUT SAAT MENYUSUI KETIKA DEMAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!