sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Annisa Afani Rabu, 26 Aug 2020 12:27 WIB
Happy woman holding a glass of milk sitting on a couch in the living room at home caption
Jakarta -

Bunda yang menyusui mungkin menambahkan susu dalam menu hariannya demi menjaga kesehatan. Namun mengonsumsi susu yang sama setiap hari bisa sangat membosankan. Salah satu alternatif susu lain yang menyehatkan untuk Bunda dan si kecil adalah susu almond.

Susu almond merupakan minuman nabati yang diperoleh dengan menggiling almond mentah panggang dengan air, Bunda. Karena terbuat dari bahan nonhewani, susu ini mengandung sedikit lemak dan gizi yang tidak kalah dari susu sapi, lho. Susu ini sangat sehat dan tidak memiliki rasa atau warna tambahan.

Nilai gizi dalam susu almond

Dikutip dari Mom Junction, dibandingkan dengan susu sapi biasa, susu almond memiliki kandungan rendah lemak dan kalori lho, Bunda. Dalam satu cangkirnya, susu almond manis mengandung sekitar 90 kalori dan 2,5 gram lemak dan secangkir susu sapi mengandung 120 kalori dan 5 gram lemak.


Selain baik sebagai ASI booster, susu almond juga bisa berfungsi sebagai minuman alami rendah kalori bila Bunda tidak menambahkan perasa dan pemanis buatan ke dalamnya. Secangkir susu almond murni mengandung 30 kalori.

Karena susu almond bukan produk hewani, susu ini tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh yang berbahaya, Bunda. Namun dalam secangkir susu hanya menyediakan 1 gram protein, berbeda dengan susu sapi yang dalam secangkirnya bisa memberi 8 gram protein.

Kandungan lainnya dari susu almond yang rendah lemak ialah kaya akan vitamin E, vitamin D, Vitamin A, dan kalsium. Ditambah lagi, susu ini juga mengandung sejumlah kecil natrium, besi, magnesium, fosfor, dan serat makanan yang dapat memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi menyusui yang sehat.

Manfaat susu almond saat menyusui

Mengutip Mom Junction dan Style At Life, berikut ini manfaat susu almond bagi ibu menyusui:

1. Meningkatkan produksi ASI

Susu almond mengandung asam lemak omega-3 yang dapat merangsang hormon dan meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Jika produksi ASI Bunda sedikit, cobalah minum susu almond secara teratur untuk meningkatkan produksi ASI.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Susu almond mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah cukup akan memberikan perlindungan bagi Bunda dan si kecil dari infeksi dan penyakit. Selain itu, susu almond juga dapat mempercepat pemulihan setelah melahirkan dan menjaga kesehatan si kecil, Bunda!

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dari susu almond dapat membantu perkembangan tulang yang lebih kuat dan sehat pada bayi yang sedang tumbuh lho, Bunda.

4. Meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Sebagai seorang ibu yang sibuk dengan tugas baru setelah melahirkan, meluangkan waktu untuk perawatan menjadi misi yang mungkin mustahil untuk dilakukan. Akan tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena dalam segelas susu almond, manfaatnya tidak hanya menjamin kesehatan tubuh dan mata, tetapi juga memastikan kecantikan kulit.

Perlu untuk diketahui bahwa susu almond yang kaya akan vitamin A bisa bantu melawan stres oksidatif, menghilangkan radikal bebas, mencegah penuaan dan melindungi dari degenerasi makula, Bunda, Selain itu, vitamin E di dalamnya juga bisa membuat kulit dan rambut menjadi bercahaya yang berkilau.

Namun meski memberi manfaat baik untuk kulit Bunda, ini tidak berpengaruh pada kulit si kecil ya. Sebagaimana dikatakan oleh Dr. Disha Patel selaku petugas medis dalam program RBSK di NRHM Gondia.

"Anda dapat memperoleh manfaat perubahan kulit dari susu almond, tapi itu tidak berpengaruh pada kompleksitas kulit bayi. Untuk bayi, semua tergantung pada ras, dan genetiknya, kemudian berubah selama tahun pertama. Memberi makan dan rawat dengan baik untuk memiliki bayi yang sehat," ujar dia dikutip dari Parenting Firstcry.

Organic White Almond Milk in a JugIlustrasi susu almond/ Foto: Thinkstock

5. Rendah kolesterol

Karena susu almond adalah produk nabati dan bukan hewani, kandungan kolesterolnya sangat rendah. Dengan begitu, kadar kolesterol Bunda dapat teratur, sehingga membuat tetap sehat.

Bagaimana cara menyiapkan susu almond buatan sendiri?

Berikut adalah cara sederhana untuk menikmati kebaikan susu almond buatan sendiri:

Bahan-bahan:

1 cangkir almond mentah
3 gelas air
3 kurma tanpa biji
Sedikit garam

Cara membuat:

1. Rendam almond mentah dalam air semalaman.
2. Tiriskan dan bilas kacang hingga bersih.
3. Masukkan bahan ke dalam blender.
4. Kocok untuk mendapatkan konsistensi encer yang halus.
5. Saring campuran berbusa menggunakan saringan.
6. Susu almond buatan Bunda siap disajikan, dan dapat disimpan dalam lemari es hingga tiga hari.

Susu almond itu sehat tetapi Bunda harus konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsinya. Pasalnya, apa pun yang Bunda makan akan berdampak langsung pada tubuh, sehingga harus berhati-hati saat memasukkannya dalam rencana diet harian. Mintalah nasihat dari ahli medis jika Bunda ingin mengganti mengonsumsi susu sapi menjadi susu almond dan berapa baiknya jumlah susu almond yang dikonsumsi.

Segala sesuatu yang berlebihan berbahaya, jadi meski Bunda disarankan untuk mengonsumsi susu almond selama menyusui, pastikan bahwa jumlah yang dikonsumsi sedang atau tidak kekurangan atau berlebihan.

Bunda, simak juga beragam makanan yang dapat jadi ASI booster dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi