sign up SIGN UP search


menyusui

7 Manfaat Air Lemon untuk Ibu Menyusui, Menghidrasi hingga Merawat Kulit

Annisa Afani Sabtu, 12 Sep 2020 16:02 WIB
Young beautiful woman is breastfeeding a little baby in a cozy room. On the table there is a white Cup and a green plant. On the wall hang a white empty picture frames. No images of nudity caption
Jakarta -

Air lemon menjadi minuman menyegarkan dan umumnya dianggap baik untuk kesehatan, Bunda. Air lemon baik dikonsumsi untuk ibu menyusui, namun harus waspada bagi yang memiliki masalah asam lambung.

Minuman dengan rasa asam ini dapat dikonsumsi oleh siapa pun, termasuk ibu menyusui. Mengutip Mom Junction, air lemon dianggap aman untuk diminum saat menyusui kok, Bunda.

Minuman ini bahkan paling sering direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu menyusui, sehingga terhindar dari dehidrasi dan menjaga masalah pencernaan.


Adapun air lemon kaya akan senyawa fenolik, vitamin, mineral, serat makanan, karotenoid, dan minyak esensial lho, Bunda. Selain itu, minuman ini juga mengandung banyak asam sitrat yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Manfaat kesehatan air lemon

Konsumsi airĀ lemon secara teratur dapat memberikan manfaat beberapa manfaat bagi ibu menyusui, di antaranya:

1. Hidrasi

Air lemon dapat meningkatkan hidrasi, yang pada gilirannya mendukung suplai air susu ibu (ASI) yang optimal.

2. Menjaga berat badan

Air lemon tanpa gula merupakan minuman rendah kalori yang dapat menjadi pengganti ideal untuk berbagai minuman berkalori tinggi seperti minuman bersoda, Bunda. Selain itu, beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa air lemon mengandung polifenol yang membantu menurunkan berat badan secara berkelanjutan dengan melawan retensi cairan tubuh.

3. Kesehatan pencernaan

Studi penelitian menunjukkan bahwa buah lemon memiliki efek positif pada sistem pencernaan sehingga dapat memastikan penyerapan nutrisi dengan lebih baik. Selain itu, beberapa penelitian berbasis hewan juga menunjukkan bahwa polifenol lemon seperti eriocitrin yang ditemukan dalam air dan kulitnya memiliki efek positif pada inang dan mikrobioma usus.

4. Kesehatan hati

Asam sitrat C membuat air lemon yang segar menjadi minuman efektif, serta bisa bertindak sebagai minuman detoks untuk hati. Sebuah studi penelitian menunjukkan efek hepatoprotektif air lemon, dikaitkan dengan adanya asam sitrat.

5. Imun tubuh

Air lemon, seperti beberapa buah jeruk lainnya, mengandung vitamin C, antioksidan, dan beberapa mikronutrien yang kemungkinan besar memiliki efek positif pada kekebalan atau imun tubuh.

Ha Ji Won Makan Lemon Biar Awet MudaAir lemon/ Foto: Getty Images/Ist

6. Kontrol gula darah

Berat kehamilan berlebih dapat berdampak pada kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang disebut naringenindalam air lemon dapat membantu mengatur kadar gula darah dan dianggap sebagai pembersih darah.

7. Perawatan kulit

Beberapa studi penelitian mencatat bahwa vitamin C dan antioksidan yang ditemukan dalam air lemon memiliki sifat yang mampu memperbaiki dan melindungi kulit, Bunda. Selain itu, air lemon juga memiliki khasiat memperkuat pembuluh darah, serta dianggap efektif dalam mengurangi efek penuaan.

Efek samping konsumsi air lemon

Meski memiliki banyak manfaat kesehatan di dalamnya, air lemon juga bisa memberikan efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan lho Bunda, yakni:

1. Merusak enamel gigi

Konsumsi air lemon yang berlebihan dapat menyebabkan erosi enamel gigi karena lemon mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi. Untuk menghindarinya, berkumur dengan air hangat setelah mengonsumsi air lemon ya, Bunda.

2. GERD atau maag

Ibu menyusui yang mengidap GERD atau maag selama fase ini harus menghindari air lemon karena sifatnya yang asam.

3. Alergi

Alergi lemon memang jarang terjadi tetapi tidak dapat disingkirkan dan dianggap sepele. Beberapa kasus yang tercatat, alergi ini menunjukkan adanya eksaserbasi alergi pernapasan seperti asma, karena menghirup aroma dari kulit lemon.

Bunda, simak juga perlengkapan yang ibu menyusui butuhkan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi