sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Susu Rendah Lemak dan Skim untuk Diet?

Asri Ediyati Kamis, 10 Sep 2020 12:49 WIB
Young woman eating a croissant, drinking fresh milk for breakfast in the kitchen. She is wearing only a blue shirt, standing by the big, bright window caption
Jakarta -

Kebutuhan nutrisi ibu menyusui sangat besar. Kebanyakan dokter pun biasanya menyarankan untuk tidak terburu-buru menurunkan berat badan. Sebab, keperluan gizi anak yang diserap dari tubuh ibunya berlanjut untuk beberapa waktu setelah melahirkan.

Bicara soal menurunkan berat badan, setiap ibu menyusui pasti punya cara sendiri. Selain olahraga, biasanya ibu menyusui juga memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Contohnya seperti memilih susu rendah lemak dan skim ketimbang susu full cream.

Ya, kebanyakan produk susu rendah lemak biasanya memiliki jumlah lemak yang jelas lebih sedikit dengan susu full cream. Sementara jumlah kalsium di susu rendah lemak dan skim lebih tinggi. Yang mana, kalsium itu penting untuk ibu menyusui dan bayi.


Nah, pertanyaannya adalah apakah ibu menyusui lebih baik mengonsumsi susu rendah lemak dan susu skim? Menurut Dr.Neesha Choksy, Konsultan Ahli Gizi dan Pelatih Kebugaran Texas, AS, jenis susu tersebut memang pilihan terbaik untuk orang yang menjalani diet ketat.

Akan tetapi, susu rendah lemak terutama susu skim kurang tepat dikonsumsi ibu menyusui. Kenapa? Jenis susu tersebut lebih encer dan kandungan lemak yang masuk ke dalam ASI ini kurang disukai bayi.

"Lebih baik jika mengkonsumsi susu murni selama tiga bulan pertama menyusui. Susu murni dianjurkan untuk menyediakan lemak yang cukup selama menyusui dan untuk perkembangan balita yang telah disapih," tulis Choksy dikutip dari Doctor NDTV.

Choksy mengingatkan, bayi tidak boleh diberikan makanan yang dibatasi lemak. Sebaliknya, jenis susu rendah lemak dan skim sangat cocok jika ibu punya kondisi terapeutik seperti, diabetes, obesitas, kolesterol tinggi, penyakit jantung, hipertensi, dan lainnya.

Lagipula, kalsium juga bisa didapatkan dari sumber makanan lainnya kok, Bunda. Mengutip dari Parenting Firstcry, sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam. Lalu, biji wijen, tahu, ikan juga mengandung kalsium kok.

Jadi, yang terpenting saat menyusui adalah utamakan kecukupan gizi Bunda dan anak ya.

Simak juga perlengkapan wajib ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi