sign up SIGN UP search


menyusui

Malas Pompa ASI, Citra Kirana Dilarikan ke Rumah Sakit karena Mastitis

Annisa Karnesyia Rabu, 16 Sep 2020 13:01 WIB
f caption
Jakarta -

Artis cantik Citra Kirana memetik pelajaran berharga dari pengalaman pertamanya menjadi ibu. Citra sempat dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit karena demam dan mastitis.

Hal itu terjadi karena Citra tidak memompa ASI secara rutin. Ia menganggap itu tak penting karena persediaan ASI-nya berlimpah, Bunda.

"Alhamdulillah ASI aku itu banyak, tapi aku enggak kosongin, jadi enggak dipompa. Yang ada dipikiran aku tuh nenenin Athar sering dan lama berarti sudah oke, aku enggak perlu mompa lagi," kata Citra, dalam YouTube Ciky Citra Rezky, dikutip Rabu (16/9/2020).


Akibat jarang memompa ASI, Citra Kirana mengalami demam dan dilarikan ke UGD rumah sakit. Tak hanya itu, dia juga mengalami pusing, mual, dan pembengkakan di payudara.

Sang suami bahkan khawatir Citra terinfeksi COVID-19. Sebab, Citra mengalami demam tinggi.

"Aku demam banget 39,6 derajat. Pusing banget aku, mual terus panas, payudara sakit banget," ujarnya.

Saat diperiksa, Citra ternyata mengalami mastitis. Kondisi ini terjadi karena dia tidak mengosongkan ASI di payudaranya.

"Kemarin itu memang aku masuk UGD karena aku mengalami mastitis. Jadi kalau ibu menyusui itu tahu apa itu mastitis. Mastitis itu terjadi pada ibu yang baru punya anak sekitar enam minggu," ucap Citra.

"Kemarin tuh aku enggak kuat banget sih. Rasanya tuh peradangan payudara gitu kan," sambungnya.

Citra KiranaMalas Pompa ASI, Citra Kirana Dilarikan ke Rumah Sakit karena Mastitis/ Foto: Instagram @citraciki

Dari pengalaman ini, Citra Kirana banyak mendapatkan pelajaran pentingnya memompa ASI pada ibu menyusui. Meski ASI berlimpah, dia tidak boleh menganggap remeh hal tersebut.

"Jangan kayak aku sih. Aku tuh kemarin-kemarin tipe yang males banget pumping. Jangan diikutin karena itu penting banget ternyata. Aku terlalu menyepelekan pada saat itu," kata Citra.

Kondisi mastitis yang dialami Citra Kirana adalah masalah umum yang terjadi pada ibu menyusui. Dilansir Medela, salah satu cara mencegahnya adalah terus menyusui bayi dan sering memompa ASI.

Mengosongkan payudara bisa mengurangi peradangan dan berhenti memompa ASI dapat menyebabkan komplikasi seperti abses payudara. Mastitis sendiri umumnya dialami ibu mulai minggu pertama setelah melahirkan, namun tak menutup kemungkinan terjadi kapan pun.

"Kondisi ini mempengaruhi hingga 20 persen ibu menyusui. Ini mungkin terjadi dalam enam minggu pertama setelah kelahiran," kata perawat Donna Murray, RN, BSN, dikutip dari Very Well Family.

Bunda bisa lakukan pengobatan ke dokter jika mengalami gejala mastitis seperti flu, demam, kemerahan dan bengkak di payudara. Biasanya dokter akan memberikan obat yang aman dikonsumsi selama menyusui. Meski begitu, wanita dengan mastitis tetap disarankan menyusui bayinya.

"Aman menyusui saat mengalami mastitis. Faktanya, cara terbaik untuk mengobati mastitis adalah menjaga ASI tetap mengalir dengan sering menyusui. Jika tidak dapat menyusui, gunakan pompa payudara atau peras ASI dengan tangan," ujar Murray.

Simak juga 9 perlengkapan menyusui yang wajib dimiliki ibu, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi