sign up SIGN UP search


menyusui

Zaskia Adya Mecca Alami Mastitis, Payudara Sakit dan Badannya Meriang

Asri Ediyati Senin, 14 Sep 2020 15:36 WIB
Gaya Bukber Ala Zaskia Adya Mecca caption
Jakarta -

Zaskia Adya Mecca kini sedang menikmati perannya sebagai ibu dari lima anak. Meski sudah berpengalaman menyusui lima anak, istri Hanung Bramantyo ini rupanya mengalami mastitis, Bunda.

Hal ini diungkap Zaskia di Instagram Stories-nya, beberapa waktu lalu. Ia mengungkap mengalami gejala mastitis yaitu payudaranya yang sakit dan mengalami demam.

"Ketika mastitis datang menghampiri. Kesentuh aja sakit payudaranya, meriang, dan demam," tulis adik Tasya Nur Medina itu.


Zaskia Adya Mecca pun berpesan pada semua Bunda terutama yang baru menyusui untuk belajar mastitis. "Buibu yang baru mengASIhi wajib belajar soal mastitis ya penting banget," sambungnya.

Menurut Kecia Gaither, MD, dokter spesialis kandungan di New York, mastitis merupakan peradangan payudara. Seorang ibu yang terkena mastitis mengaku merasakan nyeri hebat bahkan lebih dari rasa sakit melahirkan.

"Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu yang baru menyusui, bisa disertai infeksi ataupun tidak," kata Gaither, dikutip dari The Bump.

Mastitis biasanya hanya menyerang 1 payudara, dan gejalanya sering muncul dengan cepat. Gejalanya menurut National Health Service termasuk:

1. Area merah dan bengkak di payudara yang mungkin terasa panas dan nyeri saat disentuh

2. Benjolan payudara berbentuk baji atau area keras di payudara

3. Rasa sakit yang membakar di payudara yang mungkin konstan atau hanya saat Bunda menyusui

4. Keluarnya cairan dari puting, yang mungkin berwarna putih atau mengandung bercak darah

5. Bunda juga mungkin mengalami gejala seperti flu, seperti nyeri, suhu tinggi, meriang, dan kelelahan.

Hal-hal yang dapat Bunda lakukan jika mengalami mastitis yaitu rendam kain dalam air hangat dan letakkan di payudara untuk membantu meredakan nyeri, mandi air hangat juga dapat membantu. Kemudian, istirahat dan minum banyak cairan.

Bunda juga bisa minum parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit atau demam. Jika Bunda sedang menyusui, lanjutkan menyusui. Lalu, mulai menyusui dengan payudara yang sakit terlebih dahulu (jangan takut).

Selanjutnya, Bunda bisa memerah susu dari payudara di antara waktu menyusui. Pijat payudara untuk membersihkan penyumbatan dan usapkan dari area yang menggumpal atau sakit ke arah puting untuk membantu lancarkan aliran ASI.

Semoga informasi di atas bisa membantu Bunda mencegah atau menangangi mastitis ya.

Simak juga cerita perjuangan mengASIhi Winda Idol melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi