sign up SIGN UP search


menyusui

Selain Citra Kirana, 3 Artis Cantik Ini Juga Pernah Alami Mastitis

Yuni Ayu Amida Selasa, 22 Sep 2020 16:08 WIB
citra kirana caption
Jakarta -

Belum lama ini artis cantik Citra Kirana dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit karena demam dan mastitis, Bunda. Rupanya hal tersebut terjadi akibat istri Rezky Aditya ini tidak memompa ASI secara rutin.

"Alhamdulillah ASI aku itu banyak, tapi aku enggak kosongin, jadi enggak dipompa. Yang ada dipikiran aku tuh nenenin Athar sering dan lama berarti sudah oke, aku enggak perlu mompa lagi," kata Citra dalam YouTube Ciky Citra Rezky.

Karena jarang memompa ASI, Citra Kirana mengalami demam, pusing, mual, hingga pembengkakan di payudara. Hal tersebut pada akhirnya membuat wanita berhijab ini harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.


Nah, terkait mastitis ini, rupanya beberapa artis cantik lainnya pernah mengalami hal yang sama seperti yang dialami Citra Kirana lho, Bunda. Siapa saja mereka?

1. Donita

Beberapa waktu lalu, Donita pernah mengalami mastitis, Bunda. Penyebabnya adalah delay pumping. Hal ini bahkan sempat membuat Donita trauma menyusui.

Tak hanya itu, mastitis tersebut juga membuat Donita stres dan drop karena hasil pumping ASInya turun drastis tidak seperti biasanya.

Namun demi ASI anaknya tercukupi, Donita tetap berusaha menyusui anaknya walaupun ia merasakan sakit hingga menangis. Donita pun akhirnya melakukan konsultasi medis tentang bagaimana mengatasi mastitis tersebut.

2. Shireen Sungkar

Shireen Sungkar sempat mengalami mastitis setelah melahirkan anak ketiganya pada April 2018 lalu. Mastitis membuat istri Teuku Wisnu ini harus bolak balik ke rumah sakit, Bunda.

3. Franda

Franda pernah mengalami mastitis ketika menyusui putri kecilnya, Zylvechia Ecclesie Heckenbucker. Hal ini pernah ia ungkapkan melalui Instagram storinya dulu.

Kata Franda ia berkali-kali mengalami mastitis. Walaupun sudah diatasi, mastitis tersebut kembali lagi. Akhirnya ia memutuskan untuk konsultasi ke klinik laktasi untuk mengetahui cara mengatasi mastitisnya dengan tepat.

Bicara soal mastitis, menurut Kecia Gaither, MD, spesialis obgyn di New York, mastitis adalah peradangan payudara. Kondisi ini biasanya terjadi pada ibu menyusui, bisa disertai infeksi ataupun tidak.

Mastitis tanpa infeksi terjadi di area yang lebih luas. Sedangkan saluran susu yang tersumbat biasanya terlokalisasi.

"Keduanya bisa muncul dengan tanda kemerahan, rasa sakit, dan pembengkakan. Tetapi gejala pada mastitis umumnya lebih parah seperti demam dan gejala mirip flu dengan proses infeksi," ujar Gaither, dikutip dari The Bump.

Sementara itu, dilansir Mayo Clinic, mastitis memiliki beberapa gejala, di antaranya, payudara terasa sangat lembut dan hangat saat disentuh, mengalami bengkak atau muncul benjolan. Selain itu, terasa nyeri atau sensasi terbakar terus menerus saat menyusui, kulit kemerahan, tubuh terasa sakit, hingga demam tinggi.

Simak juga drama ASI Erisca Rein dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi