sign up SIGN UP search


menyusui

3 Kondisi yang Terjadi Jika Mastitis Tidak Segera Ditangani

Annisa Karnesyia Selasa, 08 Dec 2020 18:38 WIB
Mother breastfeeding a new born baby boy in a hospital room caption
Jakarta -

IbuĀ menyusui bisa terkena infeksi payudara yang menghambat pemberian Air Susu Ibu (ASI) untuk bayinya. Infeksi ini dikenal juga dengan sebutan mastitis, Bunda.

Mastitis umumnya sering dialami wanita yang sedang menyusui. Kondisi ini terjadi ketika bakteri dari mulut bayi masuk ke payudara ibu. Infeksi biasanya memengaruhi jaringan lemak di payudara sehingga menyebabkan pembengkakan, benjolan, dan rasa nyeri.

"Untuk ibu menyusui, saluran ASI tersumbat dapat menyebabkan mastitis. Akibatnya, puting pecah-pecah dan meningkatkan risiko infeksi payudara," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., dilansir Healthline.


Ibu dengan mastitis akan mengalami gejala yang khas. Selain pembengkakan di payudara, Bunda bisa demam, flu, kelelahan, dan menggigil.

"Ingatlah bahwa gejala bisa berkembang tanpa peringatan. Ibu perlu memperhatikan kondisi tubuhnya jika mulai merasa tidak enak badan," ujar Wilson.

Ibu menyusui dengan gejala-gejala tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter ya. Dokter akan memberikan obat antibiotik untuk mengatasiĀ mastitis ini.

Setelah mengonsumsi antibiotik, biasanya kondisi tubuh akan lebih baik dalam dua hari. Penggunaan antibiotik tidak boleh sembarangan dan harus sesuai petunjuk dokter agar aman untuk ibu menyusui.

Perlu Bunda tahu, mastitis bisa terjadi berulang jika ibu pernah mengalaminya lho. Faktor risiko pencetusnya juga bisa karena puting pecah-pecah atau mengenakan bra terlalu ketat.

Saat tubuh mengalami gejala mastitis, sebaiknya ibu tidak menunda untuk melakukan pengobatan karena bisa menyebabkan komplikasi. Beberapa komplikasi bisa bikin kondisi ibu lebih parah hingga membutuhkan tindakan medis.

Seperti apa komplikasi yang terjadi jika mastitis tidak segera ditangani dengan cepat? Klik NEXT untuk penjelasan lengkapnya ya, Bunda.

Banner biaya sekolahBanner biaya sekolah/ Foto: HaiBunda

Simak juga 9 cara mecegah mastitis, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Komplikasi Mastitis pada Ibu Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi