sign up SIGN UP search


menyusui

Jangan Pakai Bantal Menyusui untuk Alas Tidur Bayi, Simak Bahayanya

Asri Ediyati Kamis, 15 Oct 2020 19:21 WIB
Bantal menyusui caption
Jakarta -

BantalĀ menyusui atau nursing pillow memang bermanfaat untuk memudahkan Bunda menyusui bayi. Namun, jangan pakai bantal menyusui sebagai alas tidur bayi ya. Ternyata, menurut laporan baru dari Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC), tidur dengan bantal menyusui dapat menimbulkan bahaya bagi bayi.

Badan konsumen tersebut memperingatkan orang tua bahwa produk bayi seperti bantal, termasukĀ bantal menyusui dan bantalan bersantai tidak dirancang untuk tidur dan tidak aman untuk tidur.

CPSC juga mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki kematian bayi yang mungkin terkait dengan penggunaan produk seperti bantal.


"Penilaian awal insiden menunjukkan kematian ketika bayi dibiarkan di atas atau di dekat bantal, dan anak berguling, atau tertidur. CPSC sedang menyelidiki seluruh kelas produk," tulis pernyataan resmi CPSC, dikutip dari TODAY.

Badan tersebut mencatat bahwa hampir 1.000 bayi tercekik dalam tidur mereka setiap tahun dan menasihati orang tua bahwa untuk mengupayakan lingkungan tidur bayi yang aman.

"Jangan menambahkan selimut, bantal, bumper empuk, atau barang lain ke lingkungan tidur bayi," tulis badan tersebut.

Keamanan tidur memang selalu menjadi topik hangat bagi orang tua. Ini kaitannya dengan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) yang menjadi mimpi buruk bagi semua orang tua.

James Hahn, seorang dokter anak di St. Elizabeth Physicians di Greendale, Indiana, mengatakan bahwa dia memperingatkan pasien untuk berhati-hati saat bayi tidur di baby swing.

"Mereka bisa terpeleset dalam posisi duduk yang bisa menyebabkan sesak napas. Ini terutama berlaku pada ayunan yang memiliki posisi tegak, bukan bersandar," ujar Hahn.

Sebagai upaya mewujudkan lingkungan tidur bayi yang aman, Bunda bisa mengikuti cara berikut:

1. Dilansir Popsugar, selalu tempatkan bayi untuk tidur telentang di atas kasur keras yang sesuai dengan boks yang distandarisasi keamanannya.

2. Singkirkan semua tempat tidur empuk, mainan, boneka, dan bantal dari area tidur bayi.

3. American Academy of Pediatrics menyarankan agar Bunda menggunakan selimut yang dapat dikenakan (baby gown) alih-alih selimut longgar agar bayi tetap hangat.

4. Beri bayi banyak waktu tengkurap (tummy time) yang diawasi untuk memperkuat otot lengan, leher, dan bahu bayi.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Bunda.

Simak juga cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi