sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Gunakan Bantal Menyusui dan Dapatkan 5 Manfaatnya, Bunda Perlu Tahu

Annisa Afani Minggu, 02 Aug 2020 14:33 WIB
Bantal menyusui Bantal menyusui/ Getty Images/iStockphoto/RimDream
Jakarta -

Saat hamil, Bunda mungkin merasakan sakit pinggang karena menahan beban perut. Setelah melahirkan dan memasuki fase menyusui, selanjutnya Bunda juga akan merasakan nyeri lainnya di punggung, leher, dan bahu.

Untuk mengatasi masalah nyeri pada bagian tersebut, Bunda bisa lho memanfaatkan bantal khusus ibu menyusui. Bantal ini biasanya memiliki bentuk U ya, Bunda.

Nah, berikut ini tips menggunakan bantal menyusui, dikutip dari Parenting Firstcry:


1. Letakkan bantal di pinggang Bunda sebelum mengangkat bayi di lengan.
2. Pindahkan bantal ke atas ke tingkat payudara, sehingga bayi tidak perlu berjuang untuk membantu bayi menyusui.
3. Bunda dapat sedikit bersandar ke belakang jika merasa bayi akan lebih mudah menyusu.
4. Bantal menyusui akan sedikit tenggelam karena berat bayi. Jika itu menyebabkan kesulitan bayi menempel pada puting payudara, Bunda dapat menambahkan bantal biasa di bawah antara bantal dan kaki Bunda.
5. Gunakan tangan Bunda yang bebas untuk membantu membungkus bayi atau menyesuaikan kepalanya untuk mendapatkan posisi yang nyaman baginya dan Bunda untuk menyusui.

Sementara itu, bantal menyusui juga memiliki beberapa manfaat, Bunda. Dilansir dari The Tot, berikut beberapa manfaat utama yang dapat Bunda dapatkan dari bantal menyusui:

1. Melindungi punggung, pinggang, leher, dan bahu

Biasanya bayi akan akan banyak menyusu dalam beberapa bulan pertama, Bunda. Terkadang, dalam sehari bisa sampai 10 kali dengan durasi 1 jam lho.

Dengan begitu, sebagian besar hari yang Bunda habiskan tentunya hanya untuk duduk sambil menyusui. Sehingga, Bunda perlu khawatir kondisi punggung dan pinggang karena terlalu lama duduk.

Belum lagi, saat menyusui Bunda juga harus memastikan si kecil tetap berada pada posisi dengan ketinggian yang sesuai dengan payudara. Sehingga bahu pun akan ikut bekerja dengan keras.

Di sinilah fungsinya bantal menyusui, Bunda. Dengan bantuan alat satu ini, Bunda dapat menyusui si Kecil dengan leher, punggung, pinggang, dan bahu yang rileks.

2. Membantu bayi minum susu dari botol

Bantal menyusui tidak hanya dapat digunakan oleh ibu menyusui saja, Bunda. Bayi yang diberi susu formula dengan botol juga dapat menggunakannya kok.

Bahkan, kadang-kadang saat memberi susu botol pada bayi bisa lebih membebani punggung dan pundak, lho. Jadi, berinvestasi pada bantal menyusui ini tidak ada salahnya karena bantal menjaga postur Bunda.

Bantal menyusuiBantal menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Xiao Jiang

3. Membantu pemulihan setelah operasi caesar

Bantal menyusui bisa menjadi teman terbaik setelah melahirkan secara caesar nih, Bunda. Karena dengan bantuannya, bantal ini dapat menjadi penyangga antara bayi dan perut Bunda yang baru dioperasi.

4. Mengunci posisi bayi saat disusui

Saat menggunakan bantal ini, Bunda juga bisa membuat posisi bayi jadi terkunci. Sehingga, membuat jadi lebih bisa leluasa bergerak tanpa khawatir harus mengatur ulang posisinya.

5. Bisa dipakai selain untuk menyusui

Bantal menyusui juga dapat digunakan saat memberi bayi yang sudah cukup usia untuk makan lho. Bunda bisa memakainya dengan posisi di bawah perut untuk menopang bayi.

Tips membeli bantal menyusui

Sebelum memutuskan membeli salah satu bantal menyusui, Bunda perlu untuk memastikan beberapa hal terlebih dahulu, yakni:

1. Pilihlah bantal dengan bentuk yang kokoh. Hal yang satu ini penting untuk membantu menjaga postur tubuh Bunda. Selain itu, bantal yang kokoh juga kuat menahan berat bayi.

2. Pilih bantal yang terbuat dari bahan hypoallergenic.

3. Pilih yang memiliki penutup atau sarung yang bisa dilepas dan dicuci.

Bunda, simak juga tips memperbanyak ASI saat sedang menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi