sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Mengatasi Rasa Lelah Saat Menyusui, Bunda Harus Tahu

Asri Ediyati Senin, 12 Oct 2020 08:06 WIB
A Japanese mother breastfeeding her baby girl in a home nursery. caption
Jakarta -

Setelah melahirkan, perjalanan menjadi ibu 'naik level' nih. Kalau saat hamil bisa istirahat kapan saja, sekarang harus lebih siaga untuk menyusui si kecil agar tak menangis kelaparan.

Di minggu-minggu pertama, ibu menyusui cenderung kelelahan. Dokter spesialis kandungan Jason VanBennekom, MD, di Baptist Health, AS, mengatakan bahwa sebagian besar kelelahan ibu menyusui disebabkan kurang tidur.

"Sebagian besar kelelahan terkait dengan pola tidur yang berubah pada ibu menyusui dan kebutuhan metabolisme dalam memproduksi ASI, "ujarnya, dikutip dari Romper.


Nah, bagaimana nih mengatasi rasa lelah saat menyusui di minggu pertama? Berikut tipsnya:

1. Minum air putih yang banyak

Cairan keluar untuk bayi berarti Bunda juga perlu banyak minum. Ingat, jika 'tidur saat bayi tidur' maka jangan lupa 'minum saat bayi minum'. Jika tidak, kurang minum bisa menimbulkan kelelahan.

"Dehidrasi adalah masalah dan dapat menyebabkan kelelahan. Rekomendasi umum selama menyusui adalah kira-kira tiga liter air sehari. Ini lebih dari yang disadari kebanyakan orang," kata VanBennekom.

2. Makan dengan baik

Makanan tidak harus semua buah dan sayuran sepanjang waktu, tetapi makan makanan bergizi benar-benar dapat membantu Bunda melawan kelelahan saat menyusui.

"Memproduksi ASI membutuhkan banyak energi metabolik, dan ibu menyusui harus mengonsumsi kira-kira 400 hingga 500 kalori lebih banyak sehari daripada saat tidak menyusui. Ini berarti sekitar 2.300 hingga 2.500 total kalori per hari," kata VanBennekom.

3. Minum suplemen

Selain menambahkan lebih banyak kalori, protein, dan makanan bergizi secara umum ke dalam diet, Bunda bisa menambah suplemen bila perlu. Suplemen bisa menjadi alternatif untuk membuat Bunda tidak merasa lelah.

Bunda bisa tambah suplemen vitamin B12, atau suplemen khusus ibu menyusui. Namun, jika ragu lebih baik tanyakan dahulu ke dokter atau konsultan laktasi.

4. Tetap aktif berolahraga

Memerangi kelelahan dengan olahraga terdengar buruk, tetapi para ahli mengatakan bahwa justru jika Bunda bergerak akan membuat merasa jauh lebih baik.

"Olahraga membantu meningkatkan tingkat energi serta suasana hati, bahkan hanya dengan berjalan kaki singkat di luar di udara segar bisa terasa menyenangkan," kata Jessica Shepherd, MD, OB-GYN.

5. Co-sleeping dengan bayi

Setiap ibu menyusui butuh tidur. Tetapi karena bayi perlu sering makan dan merasa paling aman ketika berada di dekat ibunya, bagaimana ibu menyusui bisa cukup tidur?

"Bagi banyak ibu, tidur bersama atau co-sleeping adalah cara yang mereka butuhkan untuk tidur. Bayi diberi makan, merasa aman dan lebih mudah tenang, dan mama lebih banyak tidur," kata Renee Kam IBCLC, seorang konsultan laktasi, dikutip dari Belly Belly.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi