sign up SIGN UP search


menyusui

10 Barang Ini Bikin Menyusui Jadi Mudah dan Menyenangkan, Sudah Punya Bun?

Bella Barliana   |   Haibunda Sabtu, 13 Nov 2021 10:43 WIB
Bantal menyusui caption

Jakarta - Sama halnya seperti menjalani masa kehamilan, banyak yang harus persiapkan juga ketika memasuki tahap menyusui. Hal ini dilakukan untuk mempermudah Bunda ketika menyusui Si Kecil dan tentu jadi menyenangkan.

Kemudahan dalam menyusui tidak datang begitu saja. Bunda harus bersiap dalam menghadapi tantangan seperti puting bengkak, nyeri, sakit, pecah-pecah, payudara bocor, dan nyeri otot karena menggendong bayi dalam posisi tidak nyaman.

Tetapi, Bunda tak perlu khawatir, ada beberapa benda yang bisa memudahkan sekaligus membuat kegiatan menyusui jadi menyenangkan.


“Sangat penting untuk menyadari bahwa Anda tidak sendirian jika mengalami tantangan saat menyusui. Mendapatkan dukungan yang tepat sangat membantu ibu untuk menyusui selama yang mereka inginkan,” kata Laura McHugh, National Breastfeeding Coordinator, dikutip dari HSE.

Selain dukungan secara emosional, Bunda juga bisa mendapatkan kemudahan dari penggunaan beberapa barang. Dilansir dari Reviewed, berikut adalah daftar barang yang bisa dimiliki dan membantu Bunda dalam menyusui. Selain memudahkan, berbagai item ini juga masih bisa bikin Bunda tampil modis lho. Siap-siap happy deh, Bun.

1. Bra menyusui

Bra khusus menyusui terdiri dari penutup dengan pengait atau klip yang dapat dengan mudah dibuka dan hanya memperlihatkan puting susu untuk menyusui. Bra menyusui memberikan kenyamanan, akses mudah ke payudara, menjaga payudara tetap di tempatnya, dan memastikan privasi saat menyusui.

Bra menyusui yang tepat akan membantu menopang payudara dan meredakan ketegangan pada bahu dan punggung Bunda. Pilihlah bra dengan bahan yang lembut, menyerap, dan nyaman dipakai untuk waktu yang lama.

Sangat penting untuk memilih bra yang tidak terlalu ketat. Bra menyusui yang terlalu ketat dapat membuat Bunda lebih rentan terhadap saluran tersumbat atau mastitis.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias IndoorBanner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Pakaian menyusui

Tank top, blouse, dan gaun yang dirancang untuk wanita menyusui memiliki penutup atau celah di bagian depan sehingga dapat menyusui tanpa harus melepas pakaian. Pakaian menyusui tersedia dalam berbagai gaya, dari kasual hingga formal.

Pakaian menyusui telah benar-benar berkembang selama bertahun-tahun untuk memberikan gaya modern yang dapat membuat Bunda merasa percaya diri.

3. Pompa payudara

Dilansir dari Very Well Family, pompa payudara dapat digunakan untuk mengumpulkan ASI untuk memberi makan bayi nanti, saat Bunda tidak ada di dekatnya, meredakan pembengkakan, mengelola suplai susu yang melimpah, atau meningkatkan suplai ASI.

Ada berbagai jenis pompa payudara yang tersedia tergantung kebutuhan. Jika hanya berencana untuk memompa sesekali, pompa manual bisa jadi pilihan Bunda. Tetapi, jika sibuk Bunda bisa memilih pompa ASI otomatis atau elektrik.

4. Tempat penyimpanan ASI

ASI yang tidak langsung diberikan dapat disimpan dengan aman di dalam freezer selama 6 hingga 12 bulan. Namun, diperlukan tempat yang sesuai agar kualitas ASI tidak menurun. Wadah khusus ini dirancang untuk tahan terhadap pembekuan dan pencairan. Bunda bisa memilih wadah kaca yang bebas BPA dan dirancang khusus untuk penyimpanan ASI.

5. Krim pelembap puting susu

Beberapa minggu pertama menyusui dapat menyebabkan puting sakit dan tidak nyaman. Krim dan salep puting bisa sangat membantu untuk melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan puting yang kering, pecah-pecah, dan sakit.

Ada banyak jenis krim dan yang berbahan dasar lanolin termasuk salah satu yang paling populer. Bunda mungkin perlu mencoba beberapa jenis untuk melihat mana yang paling cocok. Jangan khawatir, krim ini diformulasikan khusus aman untuk bayi.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang plus minus gendongan kangaroo di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



SIAPKAN BANTAL MENYUSUI UNTUK BERIKAN KENYAMANAN BAGI BUNDA DAN SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!