sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Mengonsumsi Madu untuk Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Annisa Afani Minggu, 25 Oct 2020 12:02 WIB
Jika Dimasak Madu Bisa Jadi Racun caption
Jakarta -

Bagi ibu menyusui, kebiasaan diet makanan tertentu menjadi hal yang membuatnya khawatir. Karena sebagian dari ibu menyusui khawatir makanan yang dikonsumsinya bisa memengaruhi air susu ibu (ASI).

Salah satu dari yang dikhawatirkan ini adalah madu, Bunda. Selama ini kita mengenal madu dengan kandungan gizi dan nutrisinya yang tinggi. Namun, memberikan madu secara langsung kepada anak berusia di bawah 1 tahun tidak disarankan lantaran bakteri clostridium botulinum bisa menyebabkan keracunan lantaran sistem pencernaan bayi yang belum kuat melawan bakteri itu.

Nah, amankah jika ibu menyusui mengonsumsi madu?

Mengutip dari Parenting Firstcry, madu aman dan sehat dikonsumsi saat menyusui kok, Bunda. Mungkin alasan yang sering membuat ragu ibu menyusui untuk mengonsumsinya adalah bakteri clostridium botulinum.


Bagi bayi sebelum usia 1 tahun, bakteri ini memang menjadi hal yang berbahaya. Namun bakteri tersebut sebenarnya tidak ditularkan ke bayi melalui ASI yang diberikan lho, Bunda.

Ini karena bakteri tersebut mudah diuraikan dan dihilangkan oleh tubuh orang dewasa, sehingga mencegah racun masuk ke aliran darah. Selain itu, bakteri tersebut juga terlalu besar untuk masuk ke dalam ASI.

Dengan demikian, ibu menyusui boleh mengonsumsi madu selama mereka berhati-hati untuk menjauhkan bayi dari kontak langsung dengan madu. Selain aman dikonsumsi, madu juga bisa memberi manfaat yang baik bagi ibu menyusui lho, Bunda. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Sebagai pemanis alami dan lebih sehat daripada gula.
2. Sebagai obat terbaik untuk mengatasi flu dan sakit tenggorokan.
3. Madu bekerja sangat baik bila dikombinasikan dengan makanan lain. Misalnya dengan susu, yang dapat membantu tidur jadi lebih nyenyak.
4. Madu memiliki kadar fruktosa dan glukosa yang tinggi sebagai sumber stamina dan energi.
5. Memiliki sifat anti bakteri dan antioksidan, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meski baik untuk kesehatan saat dikonsumsi selama menyusui, Bunda harus memperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Jangan memberikan madu secara langsung kepada bayi karena berbahaya.
2. Hindari mengonsumsi madu yang berasal dari spesies bunga rhododendron karena di dalamnya mengandung grayanatoksin. Sebaiknya jangan dikonsumsi secara teratur dan bacalah daftar bahan pada kemasan dengan cermat sebelum membeli.
3. Konsumsi madu lokal, kecuali jika madu memiliki merek terkenal, terpercaya, atau sesuai kebutuhan berdasarkan resep dari dokter.

Bunda, simak juga cara mencegah kehamilan bagi ibu menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi