sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Dokter Saat Harus Memompa ASI di Tempat Kerja di Masa Pandemi

Asri Ediyati Kamis, 15 Oct 2020 14:15 WIB
Baby bottle with milk and manual breast pump. A lot of full bottles with breast milk on the background. Mother's milk - the most healthy food for newborn 5 Tips Dokter Saat Harus Memompa ASI di Tempat Kerja Saat Pandemi/ Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu tantangan ibu menyusui setelah kembali bekerja adalah menyediakan ASI eksklusif walaupun sedang berada di kantor. Ditambah, pandemi Corona membuat tantangan ibu menyusui semakin berat. Khawatir ada kontaminasi virus COVID-19 dan lainnya.

Menjawab kegelisahan ibu menyusui, konselor laktasi, dr.Lia Kurnia Hartanti, memberikan tips agar Bunda aman selama memompa di tempat kerja selama pandemi. Simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini, Bunda:

1. Pilih tempat memompa yang aman


Pemilihan tempat memompa di dalam kantor itu penting, Bunda. Jangan sampai karena tidak ada ruang laktasi, atau ruang kosong, kita malah memilih pompa ASI di kamar mandi.


"Jangan sampai kamar mandi menjadi pilihan. Karena siapa sih yang mau makan di kamar mandi? Diibaratkan memompa/menyusui langsung seperti menghasilkan makanan 'cairan emas' anugerah Tuhan yang enggak tergantikan," ujarnya kepada HaiBunda, Senin (12/10/2020).

2. Tetap pakai masker

Di masa pandemi ini, menurut Lia, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memompa/memerah dengan tetap menggunakan masker, Bunda. Selalu patuhi aturan protokol demi kesehatan Bunda juga.

Aturan ini juga berlaku meskipun Bunda seorang diri di ruang laktasi di kantor. Kantor jelas bukan rumah, yang kita tidak tahu kebersihannya seperti apa.

Simak juga cara mencegah mastitis:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi