sign up SIGN UP search


menyusui

Menyusui Saat Pandemi Memang Khawatir COVID-19, tapi Ada Tipsnya Loh!

Reyhan Diandri Ghivarianto Kamis, 22 Oct 2020 12:50 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption
Jakarta -

ASI (air susu ibu) adalah sumber nutrisi yang baik bagi balita yang masih menyusui untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Gangguan saat masa menyusui tentu akan menurunkan kualitas dan suplai ASI yang dapat diberikan kepada si kecil.

Oleh karena itu, di masa pandemi ini pemberian ASI harus tetap dilakukan agar kondisi kesehatan si kecil terjaga. Mungkin Bunda masih merasa khawatir apakah virus dapat menyebar saat menyusui serta bagaimana cara melindungi diri saat menyusui.

Dilansir dari situs unicef.org berikut ini beberapa tips aman untuk Bunda yang ingin menyusui selama masa pandemi.


Menyusui dengan Protokol Kesehatan

Mempraktikkan protokol kesehatan bisa Bunda lakukan saat menyusui. Seperti menggunakan masker selama menyusui, mencuci tangan sebelum menyentuh bayi, dan gunakan disinfektan pada permukaan di dalam ruangan tempat menyusui. Menjaga jarak dengan orang lain juga bisa Bunda terapkan jika terpaksa menyusui di luar rumah.

Berikan Susu ASI Melalui Botol

Saat Bunda merasa sakit ada baiknya untuk tidak memberikan ASI secara langsung. Jika Bunda sering memompa ASI, gunakan ASI yang disimpan tersebut untuk si kecil. Segera periksakan ke dokter jika memang merasa kurang enak badan.

Gunakan Susu Formula yang Cocok

Memberikan ASI memang merupakan cara ideal untuk menjaga pertumbuhan anak. Namun, ada kalanya Bunda tidak bisa melakukan hal tersebut. Sebagai alternatif, Bunda bisa memberikan susu formula yang cocok untuk bayi. Jangan paksakan memberikan ASI jika memang terjadi kendala atau tanda-tanda terjangkit virus COVID-19.

Itulah beberapa tips aman menyusui si kecil saat masa pandemi. Dalam mencegah sebaran COVID-19, pemerintah pun sedang melakukan kampanye #IngatPesanIbu. Kampanye #IngatPesanIbu juga memiliki misi mengajak masyarakat untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Melalui kampanye ini, pemerintah mengajak agar masyarakat Indonesia selalu ingat untuk menerapkan protokol kesehatan layaknya si kecil yang selalu ingat pesan Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi