sign up SIGN UP search


menyusui

10 Jurus Melangsingkan Tubuh untuk Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia Senin, 16 Nov 2020 08:56 WIB
Jurus Melangsingkan Tubuh untuk Ibu Menyusui
Ibu menyusui caption

1. Perhatikan asupan makanan

Ibu menyusui masih membutuhkan energi lebih untuk produksi air susu ibu (ASI). Untuk itu, asupan makannya harus diperhatikan, terutama pada ibu yang ingin melangsingkan tubuh.

Sebenarnya, dengan membatasi asupan makan saja, Bunda bisa menurunkan berat badan. Ini terjadi karena ASI diproduksi menggunakan lemak dari asupan makanan ibu.

"Dengan menyusui eksklusif, ibu bisa menurunkan berat badan sendiri, karena asupan lemak di tubuh dipakai untuk produksi ASI," ujar Winda.


2. Jenis makanan yang dikonsumsi

Ibu menyusui sebaiknya memilih jenis makanan yang sehat untuk melangsingkan tubuh. Konsep paling penting bukan diet ketat, tapi mengontrol dan melihat jenis makanan yang baik untuk ibu dan ASI-nya.

Ibu yang memilih jenis makanan yang tepat tak perlu lagi mengonsumsi obat pelangsing tubuh. Jenis makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari bisa didapatkan dengan mudah kok, Bunda.

"Porsi makan harus lengkap, ada sumber karbohidrat kompleks, sayur, buah-buahan, dan protein. Misalnya, makanan sumber protein yang bagus, seperti ikan, daging, ayam, dan kacang-kacangan. Selain itu, banyak sayur hijau mengandung vitamin dan asam folat," kata Winda.

3. Jadwal makan

Jadwal makan ibu menyusui juga harus teratur ya. Jadwal meliputi, tiga kali makan besar (pagi, siang, malam) dan maksimal tiga kali makan camilan.

Kalori satu kali makan besar sekitar 350 sampai 500 kalori. Semantara, satu kali makan camilan sekitar 150 kalori.

Bagi Bunda yang ingin melangsingkan tubuh, jadwal makan tanpa camilan sudah termasuk mengontrol asupan makan. Artinya, dengan tiga kali makan besar tanpa camilan, berat badan ibu bisa turun dengan sendirinya.

Cek halaman selanjutnya ya.

Jurus Melangsingkan Tubuh untuk Ibu Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi