sign up SIGN UP search


menyusui

5 Cara Alami Mengencangkan Payudara agar Tak Kendur Usai Menyapih

Asri Ediyati Minggu, 08 Nov 2020 20:00 WIB
Woman in underwear store indoors horizontal shot. caption
Jakarta -

Saat berhenti menyusui alias menyapih, payudara mengalami involusi. Apa itu? Jaringan di dalam payudara menjadi lebih kecil dari sebelumnya, Bunda.

Saluran laktasi pun menyempit karena payudara tak lagi produksi ASI. Akibatnya, sebagian kulit di sekitarnya mungkin telah meregang. Kemudian, payudara terlihat kosong, dan menjadi kendur.

Cap 'payudara kendur' inilah yang menakut-nakuti Bunda. Padahal kendur atau tidak, tergantung elastisitas kulit dan gaya hidup Bunda.


Nah, untuk mengencangkan kembali payudara agar tak kendur usai menyapih, berikut caranya:

1. Teknik shower air panas dan dingin

Menurut dokter kandungan dr.Sabiha Anjum, Bunda bisa menggunakan teknik air panas dan dingin secara bergantian secara terus-menerus selama mandi. Ini dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar, dan terutama di payudara.

Payudara pun bisa kembali kencang walaupun tidak bisa secara permanen. Ya, karena kembali lagi, kencangnya payudara Bunda tergantung pada usia dan elastisitas kulit.

2. Pakai bra yang tepat

Untuk membantu membalikkan perubahan payudara adalah dengan menggunakan bra yang tepat dan menahan dengan benar. Jadi, Bunda mungkin harus mengganti bra lama dengan yang lebih baru. Lalu, Bunda bahkan disarankan memilih bra olahraga untuk mendapatkan penyangga dan bentuk yang lebih baik.

3. Pijat payudara

Menyusui memberikan banyak rangsangan pada payudara, tetapi menyapih membuat mereka hampir tidak memiliki rangsangan sama sekali. Memijat payudara dapat membantu melawan proses pengenduran dengan cara yang lebih baik.

Berbagai teknik dapat membuat payudara menerima rangsangan dari segala arah, menyebabkan sirkulasi darah yang merevitalisasi dan mendukung jaringan payudara dalam perbaikan, dan pertumbuhan kembali. Menggunakan minyak zaitun atau minyak almond dapat mengurangi efek kendur, dan pijatan dapat memberikan kekuatan pada otot.

4. Diet yang tepat

Pola makan selama hamil, dan saat menyusui akan berbeda dengan pola makan yang harus Bunda ikuti sekarang. Apa pun yang dimakan, Bunda harus ingat untuk memilih makanan yang meningkatkan kekencangan otot, membuat kulit kenyal atau elastis.

Untuk itu, Bunda harus memasukkan makanan yang kaya vitamin B dan vitamin E, karena dapat meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, Bunda juga harus mengurangi konsumsi bahan makanan hewani yang kaya lemak. Ini dapat menambah berat payudara tetapi mengurangi kekenyalannya.

5. Olahraga yang mengencangkan payudara

Brian O'Hea, MD, Kepala operasi payudara dan onkologis di Stony Brook Medicine di New York mengatakan, salah satu cara alami yang tetap menjadikan payudara kencang yakni berolahraga secara rutin.

"Payudara berada di atas otot dada, yang penting untuk kekuatan dan fungsi lengan. Dengan berolahraga dan memiliki otot dada yang sangat kuat dapat membantu mengurangi payudara yang mengendur," ujar O'Hea, dikutip dari Health.

Simak juga drama ASI Eriska Rein saat masih menyusui anaknya, dalam video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi