sign up SIGN UP search


menyusui

10 Jurus Melangsingkan Tubuh untuk Ibu Menyusui

Annisa Karnesyia Senin, 16 Nov 2020 08:56 WIB
Jurus Melangsingkan Tubuh untuk Ibu Menyusui
Ibu menyusui caption

7. Olahraga

Olahraga juga bisa membantu melangsingkan tubuh ibu menyusui ya. Winda menyarankan, ibu menyusui bisa menyempatkan diri berolahraga minimal 30 menit sehari.

Jenis olahraga juga enggak boleh sembarangan. Sebaiknya Bunda melakukan olahraga dengan intensitas sedang atau moderate.

8. Istirahat yang cukup

Istirahat cukup dibutuhkan pada semua ibu menyusui. Beberapa ibu menyusui mungkin kesulitan mencari waktu istirahat atau tidur.


Ingat ya, Bunda. Kualitas tidur dan istirahat seseorang bisa memengaruhi proses penurunan berat badannya.

9. Konsumsi multivitamin jika dibutuhkan

Minum suplemen multivitamin diperbolehkan selama menyusui. Namun, ini tidak 100 persen menggantikan vitamin dari asupan sayur dan buah-buahan.

Bukan berarti karena tidak suka makan sayur dan buah, Bunda diperbolehkan hanya minum suplemen multivitamin. Sayur dan buah-buahan tetap dimasukkan ke porsi makan setiap hari.

Porsi makan ibu menyusui memang harus lengkap, ada sumber karbohidrat, sayur, buah-buahan, dan protein. Nah, suplemen multivitamin bisa ditambahkan jika kandungan vitamin dari porsi makan kurang.

10. Konsultasi ke ahli gizi

Jangan mencoba program diet sembarangan saat menyusui. Diet yang salah bisa membahayakan bayi yang disusui, seperti meningkatkan risiko malnutrisi, bayi mudah sakit, atau bayi tidak mendapatkan nutrisi cukup dari ASI-nya.

"Disarankan untuk konsultasi dengan profesional sebelum menjalankan program diet," kata Winda.

Bunda simak cara mencegah mastitis pada ibu menyusui di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rap)
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi