sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Memerah ASI, Cegah Bengkak hingga Atasi Puting Lecet

Annisa Karnesyia Minggu, 15 Nov 2020 19:36 WIB
Young mother hands holding full plastic breast pump bottle. Closeup. Preparing milk for baby feeding. Front view. caption
Jakarta -

Memerah air susu ibu (ASI) umumnya dilakukan ibu bekerja yang ingin tetap memberikan ASI untuk buah hatinya. Namun, secara umum banyak alasan para ibu memerah ASI-nya.

Banyak wanita mengalami kendala saat menyusui, seperti produksi ASI kurang atau berlebih. Memerah ASI bisa menjadi solusi untuk ibu yang terkendala hal ini.

"Memerah ASI bisa membantu ibu mengatasi tantangan besar. Cara ini bisanya dapat membantu menjaga suplai ASI," kata konselor laktasi Ashley Benz, IBCLC, LCCE, MA, dilansir Very Well Family.


Memerah ASI ternyata memberikan manfaat bagi ibu dan bayinya. Dikutip dari buku A-Z yang Datang Setelah Melahirkan oleh Tikah Kumala, berikut 5 manfaat memerah ASI untuk ibu menyusui:

1. Membantu mengosongkan payudara

Memerah ASI bermanfaat membantu mengosongkan payudara karena tidak semua bayi sabar untuk menghabiskan ASI pada satu sisi payudara ibunya. Akibatnya, payudara ibu bisa ditinggalkan sebelum benar-benar kosong.

Belum lagi jika bayi tertidur saat menyusu atau merasa kenyang. Mereka bisa langsung melepaskan puting ibu.

2. Meningkatkan produksi ASI

Pengosongan payudara secara maksimal akan berpengaruh pada produksi ASI. Payudara ibu akan merespons bahwa permintaan bayi meningkat, sehingga produksi ASI pun melimpah.

Selain mengosongkan payudara, Bunda juga bisa memerah ASI secara teratur saat bayi tidak menyusu. Cara ini juga bisa meningkatkan produksi ASI.

3. Mencegah atau mengatasi breast engorgement

Payudara bengkak atau breast engorgement bisa dicegah dan diatasi dengan mengosongkan payudara. Kondisi ini sangat umum terjadi pada ibu karena produksi ASI tidak tersalurkan ke anak.

4. Ibu lebih tenang saat harus meninggalkan anak

Bunda bisa memerah ASI untuk disimpan sebagai persediaan ketika harus keluar rumah dan meninggalkan si kecil. Persediaan ASI perah (ASIP) bisa membuat ibu tenang sekaligus memenuhi kebutuhan minum susu anak.

5. Meringankan sakit dan lecet pada puting ibu

Beberapa ibu mulai khawatir saat mengalami puting lecet hingga sakit saat menyusui. Memerah susu bisa menyediakan ASIP untuk disimpan. Sedangkan ibu bisa berhenti menyusui sementara waktu ketika puting lecet.

Simak juga tips perbanyak ASI saat sedang menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi