sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Menghadapi ASI Shaming agar Ibu Menyusui Enggak Baby Blues

Erni Meilina Kamis, 26 Nov 2020 17:18 WIB
menyusui caption

Jakarta – Menyusui menjadi salah satu fase mengasuh anak yang tak mudah dilalui untuk sebagian Bunda. Setiap Bunda pasti memiliki tantangan dan kesulitannya sendiri ketika menyusui sang buah hati. Maka dari itu, seharusnya sesama Bunda saling memberi support bukan sebaliknya.

Namun, pada faktanya sangat disayangkan nih, karena masih banyak sekali orang yang berkomentar negatif dan nyinyir terhadap cara menyusui orang lain. Komentar-komentar ini disebut dengan ASI shaming. Menurut dr. Ameetha Drupadi, CIMI dari Mayapada Hospital, ASI shaming ini adalah bentuk komentar yang diberikan kepada Bunda-bunda yang menyusui.

“Komentar-komentar ini biasanya datangnya malah kebanyakan dari orang terdekat. Seperti dari suami atau mungkin Ibu atau pun dari mertua. Nah, bisa jadi dari teman-teman dekat atau pun sahabat-sahabat,” tutur Ameetha dalam live Instagram Haibunda beberapa waktu lalu.


Padahal sebetulnya masing-masing ibu memiliki cara dan juga masalah yang mereka hadapi saat menyusui. Ada yang memang dalam hal menyusui anaknya sangat mudah ada juga yang membutuhkan usaha ekstra. Tapi, para Bunda tetap melakukan usaha yang maksimal hanya untuk kelangsungan hidup dan tumbuh kembang si kecil.

ASI shaming dapat berpengaruh terhadap psikologi Bunda. Komentar-komentar negatif yang Bunda dengar atau baca dari orang-orang terdekat dapat meningkatkan rasa stres lho. Padahal belum tentu apa yang mereka ucapkan tentang Bunda itu benar dan terjadi. Hal ini kerap menimpa Bunda yang baru melahirkan 2 atau 3 hari sehingga muncul lah istilah baby blues.

Melansir dari Marchofdimes, baby blues adalah perasaan sedih yang mungkin dialami seorang wanita dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan. Baby blues juga disebut postpartum blues. Postpartum sendiri artinya setelah melahirkan. Sekitar 4 dari 5 Ibu baru atau 80 persen mengalami baby blues.

“Akhirnya dengan mendengarkan komentar atau ASI shaming, sehingga Bunda akan lebih menyebabkan menjadi baby blues atau syndrome baby blues,” jelas Ameetha.

Banner Elon MuskFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Simak juga video pijatan di kaki agar bayi nyaman:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Bahaya ASI Shaming Menjurus ke Body Shaming
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi