sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Lancarkan ASI ala dr. Reisa, Cerdaskan Otak Anak hingga Cegah Gemuk

Hilda Irach Kamis, 10 Dec 2020 07:40 WIB
Zat besi dan kalsium sangat penting nih, Bun
Young parents with baby girl having breakfast in bed caption

4. Mengonsumsi vitamin dan mineral

Mengonsumsi vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk pemulihan tubuh lho, Bunda. Terutama saat pasca melahirkan, Bunda pasti kehilangan banyak energi untuk memproduksi ASI.

Nah, nutrisi vitamin dan mineral ini dapat diperoleh dari mengonsumsi sayuran,buah-buahan, serta suplemen.

Mengonsumsi vitamin dan mineral tidak hanya membantu memulihkan  energi, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas ASI, tumbuh kembang si kecil dan daya tahan tubuh nih, Bunda.


5. Mengonsumsi zat besi

Zat besi merupakan nutrisi yang berperan penting dalam pengangkutan oksigen. Mengutip dari Healthline, zat besi berfungsi untuk mengikat hemoglobin, protein khusus, dan membantunya membawa sel darah merah dari paru-paru ke jaringan lain di tubuh Anda Untuk Bunda menyusui, zat besi dibutuhkan untuk mencegah anemia, Bunda.

Umumnya bagi Bunda yang sedang menyusui, membutuhkan 9-10 mg zat besi setiap harinya. Beberapa makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging merah, daging ayam, serta sayuran hijau lainnya. 

6. Mengonsumsi kalsium

Kalsium sangat penting bagi ibu menyusui lho, sebab saat menyusui Bunda akan kekurangan banyak kalsium. "Pada saat ibu menyusui kalsiumnya ikut keluar bersama ASI, jadi kekurangan lebih banyak kalsium,"Tutur dr. Reisa

Kalsium berperan penting untuk fungsi dasar tubuh. Tubuh Bunda membutuhkan kalsium untuk mengedarkan darah, menggerakkan otot, dan melepaskan hormon. Kalsium juga membantu membawa pesan dari otak ke bagian lain dari tubuh Bunda nih. Dalam penelitian yang dilakukan National Institutes of Health (NIH), selama masa menyusui, wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari. 

Oleh sebab itu, Bunda disarankan mengonsumsi nutrisi kalsium dari susu, sayur berdaun hijau gelap seperti bayam, brokoli, dan kale.

 

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi