sign up SIGN UP search


menyusui

Pentingnya Menyusui di Malam Hari, Ternyata Bisa Bikin ASI Lebih Banyak

Meita Fajriana Sabtu, 26 Jun 2021 14:07 WIB
Menyusui caption

Jakarta - Menyusui malam hari ternyata membawa manfaat tersendiri lho, Bunda. Meskipun butuh perjuangan untuk menahan kantuk dan mengurangi waktu istirahat saat malam hari, sebaiknya tetap sempatkan waktu untuk menyusui Si Kecil di malam hari ya.

Meski tidak mudah, menyusui di malam hari nyatanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah Air Susu Ibu (ASI) Bunda. Melansir dari laman Mom Love Best, ASI adalah cara paling alami untuk memberi makan bayi Bunda dan menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi ibu dan anak. Namun, saat menyusui bayi di malam hari, tentunya Bunda menjadi kurang tidur dan tidak sedikit para Bunda merasa frustrasi.

Meski melelahkan tetap jangan menyerah ya Bunda. Karena menyusui bayi ketika malam hari sangat banyak manfaatnya. Sekitar 20 persen dari keseluruhan asupan bayi berasal dari pemberian ASI di malam hari. Selain itu kadar prolaktin Bunda lebih tinggi di malam hari. 


Hormon prolaktin berfungsi sebagai pembuat susu untuk meningkatkan suplai ASI Bunda selama menyusui. Bayi memiliki kapasitas perut yang kecil, itulah sebabnya bayi perlu menyusu lebih sering. Hal penting yang perlu diingat saat menyusui adalah bahwa seiring berjalannya waktu akan menjadi lebih mudah. Membangun rutinitas dan kebiasaan yang baik akan membuat menyusui di malam hari sukses Bunda. 

Selain itu dibutuhkan sekitar 3 hingga 4 bulan sebelum ritme sirkadian bayi Bunda berkembang, yang berarti pada minggu-minggu awal bayi tidak tahu bahwa malam adalah untuk tidur dan siang untuk terjaga. Sehingga Bunda tetap harus memenuhi kebutuhan lapar bayi meski itu di malam hari.

"Menyusui di malam hari membawa manfaat yang sama seperti melakukannya di siang hari, dengan beberapa bonus tambahan. Bayi yang disusui sepanjang malam secara alami mengembangkan pola tidur yang lebih baik karena hormon yang diberikan ASI," kata Michelle Roth, BA, IBCLC konsultan laktasi di Amerika.

Simak penjelasan selengkapnya di halaman berikut!

Bunda, dengar juga yuk cerita Winda Vista menyusui dengan kondisi darah tinggi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS SUKSES MENYUSUI DI MALAM HARI DENGAN NYAMAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!