sign up SIGN UP search

menyusui

Tips Melancarkan ASI dari Dr. Zaidul Akbar, Perbanyak Makan Tempe Bun

Hilda Irach Minggu, 06 Dec 2020 17:24 WIB
Sudah menjadi rahasia umum, tempe kaya akan nutrisi bagi tubuh. Tapi tahukah, Bunda, kandungan kedelainya bisa memperlancar ASI? Simak selengkapnya di sini. caption

Jakarta - Menyusui jadi rutinitas baru untuk sebagian besar Bunda yang baru saja melahirkan. Tapi, ada kalanya ASI atau air susu ibu kerap kali terasa seret alias enggak lancar. Kalau sudah begini rasanya makin sedih ya, Bunda. Hmmm, apa ya makanan yang bisa memperlancar ASI?

ASI sangat dibutuhkan Si Kecil dalam enam bulan pertama karena sumber makanan mereka bergantung pada ASI eksklusif. Kalau ASI enggak lancar pasti membuat Bunda stres, kecewa, dan berujung memberikan buah hatinya susu formula. Padahal, nutrisi yang diperoleh si kecil dari mengonsumsi susu formula tentu berbeda dengan ASI, Bunda.

Pasalnya, pemberian ASI berguna untuk dukung tumbuh kembang anak. Selain membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil, ASI menawarkan segudang manfaat bagi Bunda juga lho.


Kandungan kolostrum yang terdapat pada ASI kaya akan protein, lemak, vitamin, mineral, anti-oksidan dan sejumlah manfaat lainnya dapat memenuhi kebutuhan harian untuk buah hati.

Selain itu, menyusui juga membangun ikatan emosional antara Bunda dan Si Kecil. Melansir dari daily mail, menyusui melepas oksitosin atau 'hormon cinta' pada ibu dan anak. Sehingga memberikan efek positif pada suasana hati dan mengurangi stres.

Nah, agar produksi ASI jadi lebih maksimal, sangat penting bagi Bunda untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang. Mulai dari sayuran, buah-buahan hingga sumber protein.

Dokter Zaidul Akbar membagikan tips melancarkan ASI dengan cara mudah nih, Bunda. Salah satunya dengan memperbanyak mengonsumsi protein nabati. "Bagi ibu menyusui, mengonsumsi protein nabati sangat baik, terutama tempe," ujarnya, dikutip dari sebuah tayangan YouTube.

Ada banyak manfaat yang didapat ibu menyusui dari mengonsumsi protein kedelai. Menggunakan protein kedelai tak hanya meningkatkan asupan protein, tetapi juga menuai manfaat kesehatan yang ditawarkan dari kedelai.

Melansir dari Hellomotherhood, berikut ini beberapa alasan pentingnya mengonsumsi kedelai sebagai sumber protein bagi tubuh saat menyusui:

1. Memenuhi kebutuhan protein harian

Ibu menyusui penting mengonsumsi makanan yang tinggi akan protein. Karena zat gizi ini penting untuk membangun dan memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh. Protein juga berperan penting dalam tumbuh kembang Si Kecil. Bagi ibu menyusui, umumnya membutuhkan sekitar 71 gram protein setiap hari, Bunda.

Menurut Ohio State University, protein tidak hanya bermanfaat untuk menjaga agar tubuh berfungsi secara normal, tetapi protein tambahan menjadi bahan bakar laktasi. Sehingga membantu memperlancar produksi ASI.  

Untuk memperoleh nutrisi ini, Bunda bisa mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan protein. Kalau Bunda menghindari daging, bisa lho mengonsumsi protein nabati seperti, kedelai.

Manfaat tempe untuk ibu menyusui selengkapnya klik NEXT ya.

Banner Alat KontrasepsiFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Bunda, simak juga yuk tips aman memperlancar ASI, dalam video di bawah ini: 

[Gambas:Video Haibunda]



Tips Melancarkan ASI dari Dr. Zaidul Akbar, Perbanyak Makan Tempe
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!