sign up SIGN UP search


menyusui

7 Pilihan Baju Menyusui Paling Nyaman, Bunda Wajib Punya Nih

Hilda Irach Selasa, 22 Dec 2020 14:23 WIB
Ibu menyusui caption

JakartaMenyusui menjadi cara alami setiap Bunda untuk memberikan nutrisi terutama selama 6 bulan pertama kehidupannya. Di masa ini, ASI berperan sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Namun, menyusui kadang menjadi proses yang tidak mudah dilalui untuk para Bunda. Payudara bengkak, puting sakit, hingga ASI enggak lancar menjadi sederet masalah yang umum dihadapi. Enggak cuma itu saja, pakaian pun kerap kali jadi masalah bagi para Bunda yang ingin menyusui. Mungkin Bunda salah satunya?

Terutama ketika sedang berpergian, Bunda pasti kesulitan menyusui si kecil karena baju yang tidak busui friendly. Selain menyusahkan, baju-baju tersebut tentu membuat tidak nyaman ya, Bunda.


Nah, selama masa mengASIhi si kecil, ada baju menyusui yang harus mulai digunakan Bunda nih. Sebab, selain mempermudah Bunda dalam melakukan banyak hal, baju menyusui juga membantu menjaga kenyamanan Bunda dan si kecil. Termasuk di tempat umum atau ketika sedang berpergian.

Selain baju menyusui, bra yang dikenakan juga harus di perhatikan nih, Bunda. Melansir dari Todaysparent, Allison Grange, seorang ibu satu anak dari Brockville, Ontario, mengatakan bahwa awalnya ia tidak membutuhkan bra khusus saat menyusui. Namun Grage mendapati dirinya terjebak dengan bra yang memilki sedikit penyangga, dan memiliki jepitan yang membuatnya frustrasi. "Saya menyadari bra menyusui jauh lebih penting dari yang saya kira," ujar Grage.

Tidak memiliki penyangga yang tepat, dapat membuat menyusui menjadi pengalaman yang tidak nyaman lho, Bunda. "Paling buruk, bra yang tidak nyaman menyebabkan berbagai masalah menyusui mulai dari infeksi jamur, lecet pada puting susu hingga saluran yang tersumbat dan mastitis atau infeksi serius pada jaringan payudara," ujar Attie Sandink, konsultan laktasi di Burlington, Ontario.

Oleh sebab itu, saat menyusui baik pakaian luar maupun pakaian dalam seperti bra, harus di perhatikan ya, Bunda. Kenyamanan, sirkulasi dan daya tahan pakaian yang dikenakan perlu di utamakan agar menyusui menjadi nyaman. Berikut ini 7 rekomendasi baju paling nyaman yang wajib dimiliki untuk ibu menyusui!:

1. Tank top 

Tank top umumnya berbahan strech yang mudah di tarik ke bawah. Sehingga memudahkan Bunda ketika menyusui nih. Tak hanya itu, tank top juga cocok di padukan dengan outfit apapun.

Kalau Bunda ingin tampilan lebih modis dan chic, Bunda bisa menambahkan cardigan atau outer sebagai luarannya. Melansir Pinkvilla, tanktop merupakan pilihan yang tepat, karena memberikan kenyamanan dan kemudahan akses untuk menyusui.

2. Bra menyusui

Bra menyusui di desain khusus dengan memiliki tutup terbuka yang bisa Bunda tarik ke bawah dengan cepat. Sehingga Bunda bisa menyusui tanpa melepas bra.

Pilihlah bra yang akan menopang payudara yang berat, dan pilihlah yang terbuat dari kain alami agar bisa bernapas dan menyerap keringat. 

3. Bra tidur 

Bra tidur baik untuk ibu menyusui. Sebab bra tidur tidak memiliki underwires, yang dapat memberikan tekanan pada payudara jika tidak pas. Sehingga akan nyaman jika dipakai sepanjang hari.

“Anda akan membutuhkan setidaknya sepasang bra elastis yang bisa tidur yang tidak bisa masuk ke dalam dan akan menampung payudara yang cukup berat pasca persalinan,” kata Sarah LeMay, ibu tiga anak dan pendiri Evymama, butik perawatan dan bersalin di Toronto.

4. Baju tidur menyusui 

Bunda dapat memilih baju tidur yang membantu memudahkan proses menyusui, seperti daster berkancing atas, atau baju tidur yang berbahan strech sehingga mudah ditarik.

Gunakanlah baju tidur menyusui yang nyaman ya, Bunda. Karena si kecil lebih sering menyusu ketika malam hari. 

Simak rekomendasi baju menyusui lainnya untuk Bunda di halaman berikut!

Simak juga yuk 9 perlengkapan yang wajib dimiliki ibu menyusui dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner YouTube SachaFoto: HaiBunda



7 Baju Paling Nyaman yang Wajib dimiliki Ibu Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi